Sepeda Opel Telah Buktikan Kualitas Selama 130 Tahun Share this

Sepeda Opel Telah Buktikan Kualitas Selama 130 Tahun

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 19 September 2016

Foto: Adam Opel bersama dengan anak-anaknya berhasil membuat sepeda terbaik di dunia

RUSSELSHEIM - Opel merayakan ke-130 tahun dalam kiprahnya memproduksi sepeda.

Sejak awal berdiri pada 1886, Opel telah membuat sepeda berkualitas dan salah satu yang terkenal pertama kali yaitu sepeda penny farthing atau sepeda beroda besar dan tinggi. Semenjak saat itu mereka menjadi salah satu produsen sepeda terbesar di dunia tepatnya pada 1920.

Pada 1929 terjadi krisis ekonomi di Jerman, namun hal tersebut tidak menjadi penghalang untuk tetap memproduksi sepeda-sepeda kualitas tinggi. Di 2012, mereka berhasil membuat sebuah sepeda listrik pertama yang dipercaya akan menjadi sebuah alat mobilitas masa depan.

Perusahaan sepeda ini diprakarsai oleh Adam Opel yang mendapat inspirasi ketika sedang melakukan perjalanan bisnis ke Paris. Melihat sepeda penny farthing digunakan untuk proses perdagangan dan sepeda menjadi mobilitas utama di Inggis, akhirnya bersama dengan anak-anaknya menciptakan produk pertamanya yaitu sepeda penny farthing.

Setahun kemudian mereka memproduksi sepeda roda tiga dan sepeda low-wheel atau sering disebut sepeda keselamatan. Sepeda low-wheel memiliki bentuk yang sama dengan sepeda roda dua saat ini dengan ketinggian lebih umum sehingga risiko untuk jatuh lebih kecil.

Karl yang merupakan anak dari Adam Opel, membawa sepeda low-wheel ini ke acara lomba sepeda di Inggris dan Frankfurt. Dengan memiliki berbagai keunggulan, sepeda low-wheel ini berhasil memenangkan perlombaan tersebut.

Sejak saat itu, mereka mulai fokus untuk memproduksi sepeda low-wheel dan sepeda ini mulai digunakan dalam berbagai perlombaan serta berhasil menjadi juara. Salah satu inovasi yang juga terkenal yaitu sepeda dengan lima pengendara atau disebut sepeda quintuplet.

Berbagai kendala muncul sejak saat itu dan hampir saja tutup. Berkat semangat tinggi untuk dapat menghasilkan produk terbaik, produsen sepeda ini berhasil kembali ke puncak.

Tepatnya setelah 75 tahun berjuang, mereka kembali menunjukkan kemampuannya dengan membuat sepeda listrik RAD e pertama yang dubut di Geneva Motor Show 2012. Sepeda ini terinspirasi dari sepedamotor Motoclub 500 dan merupakan langkah awal dalam memproduksi sepeda listrik.

Dengan tingkat aktivitas masyarakat yang semakin tinggi, Opel melihat sepeda dengan teknologi otonom dibutuhkan untuk masa depan dan memutuskan untuk bekerjasama dengan CarUnity. Kerjasama tersebut dijalin untuk membuat platform bagi sepeda otonom tersebut. [Amo/Ikh]

Lebih lanjut di Otospirit
Sepeda Opel Telah Buktikan Kualitas Selama 130 Tahun


Komentar