Pemenang Custom Diecast IDE 2018 Diarak ke IMX 2018

SERPONG – Penyelenggara Indonesia Diecast Expo (IDE) 2018 sudah memilih 10 finalis lomba Custom Diecast dan pemenangnya akan diumumkan pada hajatan Indonesia Modification Expo (IMX) 2018, bulan depan.

Seperti diberitakan sebelumnya, perhelatan IDE 2018 tetap mendapatkan animo positif dari para pecinta diecast. Tak hanya untuk berburu koleksi unik, pameran ini juga menjadi arena unjuk gigi diecaster penggila modifikasi.

Salah satu incaran mereka adalah andil dalam lomba custom diecast Honda Civic Type-R dan Pro. Apalagi, kreasi pemenangnya bakal realiasikan ke dalam bentuk 1:1 (wujud asli) di IMX 2018. Di hari kedua penyelenggaraannya kemarin (4/11), pihak IDE sudah menjaring 10 finalis. Sementara pemenangnya bakal diumumkan pada IMX 2018, 17-18 November 2018.

Pihak IMX 2018 menyadari untuk mewujudkannya dari diecast ke dalam sebuah mobil asli memang bukan pekerjaan mudah, ditambah lagi waktu yang cukup singkat. Namun, mereka meyakini bakal berusaha meralisasikan konsep milik pemenang terpilih sebaik mungkin. Dan, hasilnya bisa dilihat langsung oleh khalayak pada acara tersebut.

Dari sisi event, antusias terhadap IDE 2018 kali ini terbilang positif. Padahal, lokasinya berpindah dari Balai Kartini, Jakarta (4 tahun berturut-turut) ke ICE, BSD City, Serpong, Tangerang.

“Ini menjadi salah satu bukti bahwa antusiasme penggemar diecast tidak berkurang meskipun lokasi penyelenggaraan IDE tahun ini berpindah tempat,” ujar Feldani Effendy, Public Relations IDE yang menyatakan The 5th Shopee IDE 2018 tembus 10 ribu.

Di hari terakhir pelaksanaan The 5th Shopee IDE 2018 ini juga dilelang Event Car resmi yaitu mobil ’55 Chevy Bell Air Gasser, Morris Mini dan Tomica Honda Civic Type-R serta lelang amal diecast-diecast 9donasi dari para kolektor dan komunitas diecast.

Lelang tertinggi yang tercatat pada hari kedua ini adalah Rp 21 Juta untuk Official Event Car The 5th Shopee IDE 2018, Hot Wheels Morris Mini No. 1/100 yang diusung oleh Henry Halim, seorang diecaster asal kota Solo, Jawa Tengah. Hasil lelang ini akan sepenuhnya didonasikan kepada yayasan yang peduli pada anak-anak Indonesia.

Konten IDE 2018 yang eksklusif adalah “An Evening with Jun Imai” yang diselenggarakan oleh International Datsun Diecast (IDD) di Hotel Grand Zuri, BSD City. Pada acara ini diecaster yang telah terdaftar dapat bertemu langsung dengan Jun Imai yang merupakan mantan desainer dan Director of Product Design Hot Wheels pada tahun 2004-2018. Pada kesempatan ini pula, dilelang Hot Wheels Custom Datsun 240Z yang didesain oleh Jun Imai secara eksklusif untuk acara ini.

Sementara itu acara yang tak kalah menarik lain adalah Bincang Shopee bertajuk “Tips Motret Koleksi Diecast”. Di sini para pengunjung berkesempatan mendapatkan informasi mengenai bagaimana mengabadikan koleksi diecast-nya bersama para narasumber yaitu Danis Khalifah, seorang fotografer diecast, Ari Aswin sebagai founder Diecastindo dan Iwan Kurniawan selaku pembuat diorama diecast ternama. [Ary/Ari]