Motor Italjet Mesin Bensin akan Dirakit di Indonesia Share this
Berita Motor
Mode baca

Motor Italjet Mesin Bensin akan Dirakit di Indonesia

Denny Basudewa
pada 13 September 2016

Foto: Calon Produk baru Garansindo

JAKARTA – Italjet akan meluncurkan skuter matik (skutik) di Indonesia dalam waktu dekat. Teka-teki hadirnya skutik ini datang dari Muhammad Al Abdullah, CEO Garansindo Group.

Pria yang akrab disapa Memet ini dalam akun Facebook pribadinya mengumbar sebuah gambar motor yang akan menjadi andalan baru PT Garansindo Euro Sports (GES), anak perusahaan Garansindo Group.

Menelisik lebih jauh, sepedamotor tersebut identik dengan Italjet 125 yang telah diproduksi di Bangladesh. Ini dikenal sebagai motor compact cocok untuk masyarakat perkotaan yang mengutamakan penampilan.

Masih menurut Memet, Garansindo sendiri akan menyediakan dua pilihan mesin skutik Italjet yakni 125cc dan 150cc. Dikatakan Memet, bahwa kedua kendaraan tersebut akan diluncurkan di Indonesia tahun ini dengan harga kisaran harga Rp 20 jutaan.

Harga yang ditawarkan cukup menggiurkan mengingat ini adalah sepedamotor asal Italia dengan segudang historis.

Gosipnya harga tersebut didapat karena kedua motor akan dirakit di dalam negeri (CKD). Motor akan didatangkan dari satu negara dalam keadaan terurai dan dirakit di salah satu fasilitas perakitan Garansindo di Tanah Air. Sebelumnya dikabarkan bahwa fasilitas perakitan dibangun mulai 2017. Tempat ini untuk merakit sepeda listrik dan sepedamotor mesin konvensional.

"Kita tunggu saja tanggal mainnya. Motor akan diluncurkan tahun ini dengan harga di luar dugaan," papar Memet via telepon, Selasa (13/9/2016).

Disebut-sebut sebagai kendaraan perkotaan, Italjet 125 dan 150 mewarisi DNA balap motor MotoGP. Di Malaysia, Italjet 125 menggunakan mesin single-cylinder four-stroke bertenaga 8,8 hp dan 8.6 nm. Skutik ini menggunakan lingkar roda 13” dikencani rem cakram di depan.

Skutik ini memiliki desain nyentrik hasil karya Alessandro Tartarini, alhasil kuda besi ini sangat kental aroma khas Italia pada setiap lekuk bodinya. [Dew/Ikh]


Komentar