Telan Dana Rp 600 Juta, Honda Civic Nova Sabet Juara Modifikasi Share this
Modifikasi
Mode baca

Telan Dana Rp 600 Juta, Honda Civic Nova Sabet Juara Modifikasi

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 27 February 2017

Foto: Modifikasi Honda Civic Nova telan dana Rp 600 juta

JAKARTA – Ricky Dianto diganjar sebagai ‘Ultimate Builder’ di kontes modifikasi NMAA Top 30 Modified Cars.

Pria berusia 34 tahun asal Jakarta ini rela merogoh kocek lebih dari Rp 600 juta untuk mempercantik Honda Civic Nova 1990. Pria yang telah berkeluarga dan bekerja di perusahaan pakaian anak kecil ini memadukan mobil ini dengan berbagai komponen dari Honda Civic Type R 2007.

Awalnya, Ricky membeli Honda Civic Type R 2007 di Malaysia. Bagian-bagian mobil "dipereteli" termasuk mesinn. Dan selanjutnya digunakan untuk memodifikasi Civic Nova miliknya untuk memuaskan dahaga memacu kendaraan di Sirkuit Sentul.

Mendengar kabar acara NMAA, Ricky pun mengikutsertakan kendaraannya dan hasil karyanya membuahkan hasil di kontes modifikasi NMAA. Para juri memiliki banyak sekali potensi juara pada mobil itu.

Ubahan pada Civic Nova ini meliputi sektor mesin, kelistrikan, ECU, lingkar roda, interior dan sistem AC. Hanya pada bentuk body dan kaki-kaki saja yang original.

Mengusung konsep racing, Ia menyematkan mesin Honda Civic Type R 2007. Mesin berkapasitas 2.000cc 300 hp (dyno test) ini memiliki ukuran sangat besar sehingga dashboard dan interior terpaksa dimundurkan hingga 30 cm.

Posisi dashboard dan interior yang dimundurkan ini bertujuan untuk menyeimbangkan berat body depan dan belakang. Ricky juga menambahkan audio pada bagian belakang sehingga rasio berat kendaraan menjadi 60:40.

“Mobil ini susah dikendalikan, jadi saya belum bisa memastikan catatan waktu mobil ini ketika melibas Sirkuit Sentul,” tutur Ricky Dianto yang menjelaskan proses pengerjaannya sendiri memakan waktu selama 1,2 tahun.

Ted Diesta, juri NMAA Top 30 Modified Cars mengapresiasi mobil ini punya semua unsur yang telah ditetapkan baik itu konsep dan detail menurut tim juri. Kalau nanti dipamerkan di ajang internasional bisa membanggakan Indonesia.

Meski telah menjadi mobil modifikasi terbaik, Ricky memutuskan untuk tidak akan mengikuti kontes modifikasi lainnya dengan mobil ini. Namun Honda Civic Nova 1990 ini akan sering terlihat di jalanan Ibu Kota dan sirkuit Sentul. [Amo/Ikh]

Lebih lanjut di Otospirit
Telan Dana Rp 600 Juta, Honda Civic Nova Sabet Juara Modifikasi


Komentar