Lelang Amal Diecast Custom Berhasil Kumpulkan Dana Rp 30 Juta Share this

Lelang Amal Diecast Custom Berhasil Kumpulkan Dana Rp 30 Juta

Denny Basudewa
pada 17 November 2016

Foto: Lelang Amal Diecast Custom

JAKARTA - Sungguh mulia hati para penikmat diecast di Indonesia. Pada acara lelang amal diecast custom di The 3rd Indonesia Diecast Expo (IDE) 2016, berhasil mengumpulkan total Rp 30 juta. Dana tersebut kemudian didonasikan ke empat yayasan di Tanah Air.

Diecast-diecast tak sembarangan, kebanyakan telah dimodifikasi dengan menggunakan tehnik hand painting bermotif khas Nusantara dan diecast sumbangan kolektor dan komunitas peserta IDE 2016.

Penyaluran donasi itu sendiri dimulai Jumat-Senin (11-14/11) dan dilakukan sendiri oleh pihak penyelenggara IDE 2016 melalui tim yang dipimpin langsung oleh Ketua Panitia, Arya Lembana, kepada empat yayasan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Keempat yayasan yang seluruhnya berada di Jakarta tersebut adalah Yayasan Bina Grahita, Wisma Tuna Ganda, Yayasan Posko Kemanusiaan Peduli Umat (PKPU), dan Yayasan Sahabat Negeri.

lelang diecast Hasil lelang disumbangkan ke empat yayasan di Jakarta

Yayasan Bina Grahita, Wisma Tuna Ganda, dan Yayasan Posko Kemanusiaan Peduli Umat (PKPU) masing-masing memperoleh Rp 9 juta. Sementara Yayasan Sahabat Negeri melalui program Aksi Seribu Mainan memperoleh Rp 3 juta.

Adiss, mewakili Yayasan Sahabat Negeri menyampaikan terima kasih kepada seluruh kolektor dan komunitas peserta IDE 2016 yang telah mendonasikan diecast koleksi mereka untuk dilelang oleh penyelenggara.

“Kami sangat berterima kasih sekali, semoga anak-anak yang tidak bisa bermain karena sakit bisa lebih terhibur dengan mainan yang akan kami berikan dari uang hasil donasi ini” ujarnya. Sementara Ketua Umum Yayasan, Kriswiyanto Mulyawan, melalui pesan tertulis mendoakan agar sumbangan dari kolektor dan komunitas diecast membawa kebaikan dan berkah bagi seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan IDE 2016. Yayasan Sahabat Negeri telah menyalurkan sumbangan berupa mainan untuk anak-anak di berbagai daerah di Indonesia, diantaranya Solo, Tegal, Palembang, Surabaya, dan Malang. Mainan tersebut merupakan hasil sumbangan dari seluruh masyarakat melalui  program Aksi Seribu Mainan yang sudah bergulir sejak bulan September.

lelang diecast Hasil lelang disumbangkan ke empat yayasan di Jakarta

Sementara di tempat terpisah, Eriman selaku Human Resources Manager Yayasan Posko Kemanusiaan Peduli Umat (PKPU) mengaku terkejut dengan perhatian yang diberikan Indonesia Diecast Expo.

“Luar biasa. Kalangan komunitas mainan ternyata masih memikirkan soal kemanusiaan. Mainan sebagai sesuatu yang kecil dan sederhana ternyata bisa berarti maksimal” katanya saat menerima donasi. Rencananya, uang hasil donasi akan digunakan untuk merenovasi bangunan sekolah dasar (SD) di Garut, Jawa Barat, yang rusak akibat banjir bandang beberapa waktu lalu."

lelang diecast Hasil lelang disumbangkan ke empat yayasan di Jakarta

Hal senada disampaikan oleh perwakilan Yayasan Tuna Ganda yang untuk kedua kalinya menerima donasi dari Indonesia Diecast Expo. Pengurus Yayasan penampungan dan perawatan penyandang disabilitas ganda yang berdiri sejak 1975 ini mengaku sangat terkesan dengan perhatian yang diberikan oleh komunitas diecast melalui kegiatan lelang amal.

Lelang amal merupakan salah satu agenda wajib dalam setiap penyelenggaraan Indonesia Diecast Expo yang dimulai sejak 2014. Dengan disalurkannya seluruh hasil lelang amal ini, maka berakhirlah seluruh rangkaian kegiatan The 3rd Indonesia Diecast Expo 2016. Sampai jumpa di The 4th Indonesia Diecast Expo 2017. [Dew/Ikh]


Komentar