Land Rover Buat Papan Selancar dari Limbah Plastik Share this

Land Rover Buat Papan Selancar dari Limbah Plastik

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 12 September 2017

Foto: Papan selancar ‘Waste to Wave’

WHITLEY - Land Rover menciptakan papan selancar ‘Waste to Wave’ yang terbuat dari daur ulang plastik dan tanah liat.

Selama kurang lebih 70 tahun, Land Rover telah melintasi berbagai medan onroad, offroad dan memenuhi kebutuhan konsumen dunia. Kali ini produsen mobil asal Inggris menunjukkan dedikasinya dengan meluncurkan papan selancar ‘Waste to Wave’.

Land Rover memanfaatkan delapan juta limbah plastik dibuang ke laut dalam membuat papan selancar. Papan selancar ‘Waste to Wave’ ini sendiri merupakan hasil kolaborasi dengan SkunkWorks Surf Co, yang merupakan produsen papan selancar dengan tujuan untuk mengurangi kerusakan alam.

Klaim Land Rover, hasil kolaborasi ini telah diuji oleh Lucy Cambell yang merupakan juara Women Open Surfing English Champhionship.

Lucy telah mencoba papan selancar ini dari Inggris ke bagian utara Irlandia ketika berkompetisi. Papan selancar ‘Waste to Wave’ yang diuji oleh Lucy ini berukuran 5’7 x 18 3/8 x 2 3/16.

Papan selancar ‘Waste to Wave’

Papan selancar ini juga menggunakan bahan serat karbon pada bagian rails dan strip karbon pada bagian ekor sehingga mampu membuat manuver yang sangat sulit.

Semua bahan-bahan merupakan limbah hasil proses produksi Land Rover.

“Ketika pertama kali saya mendengar proyek ini, saya sangat bersemangat untuk dapat mengambil bagian. Laut merupakan bagian terpenting dalam hidup saya sehingga untuk dapat membantu mengurangi polusi di laut sangat penting buat saya. Saya tidak tau banyak dengan proses desain mobil dan sangat tertarik untuk mengetahui bagaimana cara Jaguar Land Rover memberikan ‘hidup kedua’ kepada bahan-bahan yang telah digunakan,” tutur Lucy Cambell, Peselancar Wanita asal Inggris.

Dengan adanya partisipasi dari Lucy, Jaguar Land Rover dan SkunkWorks Surf Co yakin bahwa produk ini mampu diterima oleh masyarakat luas. Papan selancar ‘Waste to Wave’ dipastikan mampu memberikan kepuasan tersendiri bagi para peselancar dunia dan menjaga lingkungan lebih baik. [Amo/Ikh]


Komentar