IMX Ditantang Hadirkan Modifikasi Mobil Ramah Lingkungan

IMX
IMX 2018 akan menjadi annual event

JAKARTA – Indonesia Modification Expo (IMX) sukses meraup transaksi miliaran Rupiah dalam dua hari penyelenggaraan (17-18 November 2018).

Puluhan mobil modifikasi dan pengusaha aftermarket di Tanah Air tampil dengan keunikannya masing-masing. Event yang merupakan pertama di Indonesia tersebut menyadarkan besarnya potensi dunia modifikasi maupun aftermarket di Indonesia.

Acara ini juga mendapat dukungan dari Pemerintah Republik Indonesia. Melalui Ir Harjanto selaku Direktur Jendral Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) – Kementrian Perindustrian, mengatakan IMX harus menjadi agenda tahunan. Selain itu, Ia juga berharap event ini menghadirkan inovasi di dunia otomotif yang rendah emisi.

“Kita berharap IMX bisa menjadi annual event seperti dua pameran mobil sebelumnya (IIMS dan GIIAS). Ini agar generasi milenial lebih kreatif lagi menciptakan produk-produk baru. Modifikasi tidak hanya fashion tapi tetap harus memiliki fungsi. Di Indonesia terdapat lebih dari 6.000 produsen yang bisa menciptakan komponen low emision,” ujar Harijadi.

Ia juga mengatakan jika IMX bisa menghadirkan komponen low emision, maka Pemerintah dapat memberikan dorongan berupa fasilitas. Kemudian Harijadi juga menambahkan ke depannya para produsen tidak hanya memproduksi untuk pasar dalam negeri, namun untuk ekspor.

“Ini merupakan timing yang pas untuk mendorong generasi muda, membuat kendaraan yang efisien dan melindungi environment. Hal ini sesuai dengan slogan dari Pemerintah dalam menyambut era baru ‘Making Industries 4.0’,” jelasnya kemudian.

IMX 2018 dikatakan meraih kesuksesan di tahun pertamanya. Hal ini terlihat dari jumlah transaksi yang tercatat selama dua hari penyelenggaraan. Disebutkan bahwa IMX meraih total transaksi sekitar Rp 3 miliar. [Dew/Ari]