Honda CBR 250R Board Track ala Puspa Kediri Custom Share this
Modifikasi
Mode baca

Honda CBR 250R Board Track ala Puspa Kediri Custom

Denny Basudewa
pada 03 November 2017

Foto: Honda CBR 250R Board Track ala Puspa Kediri Custom

JAKARTA – Honda CBR 250R garapan Puspa Kediri Custom (PKC) tampil nyeleneh dengan gaya ala balapan era 1930-an.

Dunia modifikasi selalu menghadirkan kejutan dengan ide-ide liar yang di luar kebiasaan pada umumnya. Sedangkan inspirasi sendiri bisa datang dari mana saja dan tidak terduga-duga. Membangkitkan kembali kisah sukses dari masa lampau juga kerap dilakukan para modifikator.

PKC berusaha membangkitkan kenangan balap motor pada era 1930-an. Mereka merombak habis Honda CBR 250R dengan gaya board track. Aliran tersebut pernah populer dan kembali dibangkitkan oleh beberapa modifikator.

Honda CBR 250R adalah motor jenis sport, guna membuat kendaraan ini menjadi sesuai dengan keinginan, PKC menyimpan rangka asli kemudian meracik sasis baru menggunakan bahan pipa seamless beberapa ukuran.

Mengubah sebuah motor yang sudah menerapkan berbagai teknologi canggih dan inovatif, menjadi kendaraan lawas seperti board track bukanlah hal mudah. Rumah modifikasi ini harus menanggalkan beberapa fitur.

Aliran Board Track sendiri memiliki ciri khas yakni body yang sangat ramping. Motor yang digunakan untuk kejuaraan balap di lintasan kayu, dikenal dengan sebutan motordrome.

Walhasil rangka yang telah dirancang sesuai oleh PKC, hanya menyediakan tempat untuk menyematkan mesin. Komponen lain seperti fender, tangki bahan bakar dan lainnya merupakan desain khusus mereka.

PKC juga menggunakan beberapa barang aftermarket yang dimodifikasi lagi agar sesuai dengan tampilan motor. Dengan waktu pengerjaan mencapai empat bulan, PKC membuat motor berkelir hijau ini tampil beda dan kerap mencuri perhatian penggemar modifikasi.

Aris selaku punggawa PKC modifikasi yang cukup sulit dilakukannya adalah menerapkan fitur Combi Brake Honda CBR 250R pada bagian belakang. Menurutnya proses tersebut cukup memakan waktu karena cukup rumit.

“Pengerjaan motor ini memakan waktu hingga empat bulan karena memindahkan fitur combi brake ke belakang ternyata cukup sulit. Yang tersisa dari Honda CBR 250R ini hanya mesin dan rem saja, sisanya hasil buatan dan modifikasi kami,” ujar Aris. [Dew/Ikh]

Lebih lanjut di Otospirit
Honda CBR 250R Board Track ala Puspa Kediri Custom


Komentar