Samsung Jual Memori SSD Berkapasitas Besar untuk Laptop dan PC  Share this
Gadget
Mode baca

Samsung Jual Memori SSD Berkapasitas Besar untuk Laptop dan PC 

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 06 December 2018

SEOUL - Samsung menjual memori SSD (Solid State Drive) bagi pengguna laptop maupun PC yang membutuhkan kapasitas penyimpanan melimpah.

Produsen barang-barang elektronik tersebut baru saja meluncurkan produk terbaru bernama Samsung 869 QVO SSD. Hard drive ini pun diklaim tak sekedar punya ruang penyimpanan lebih besar hingga 4 terabyte (TB), melainkan mendukung pula kecepatan kinerja laptop maupun PC konsumennya.

Itu lantaran memori berukuran 2,5 inchi berbasis V-NAND 4-bit MLC (muli-level cell) serta mengedepankan penggunaan interface SATA 6 Gbps. Ini juga berdampak pada kecepatan membaca data sebelum menyimpannya di dalam SSD 869 QVO.

Samsung 869 QVO SSD punya kemampuan membaca dan menulis hingga 550/520 megabyte per detik (MB/s). Perangkat ini juga terintegrasi dengan teknologi Intelligent TurboWrite2. Fungsinya adalah membantu mempercepat kecepatan sambil mempertahankan kinerja tinggi dalam waktu lebih lama.

"Konsumen saat ini dapat menggunakan, memproduksi dan menyimpan lebih banyak file beresolusi tinggi daripada sebelumnya. Termasuk video 4K dan permainan grafis intensif, meningkatkan permintaan untuk kapasitas dan kinerja yang lebih besar pada perangkat penyimpanan," kata Dr. Mike Mang, vice president of Brand Product Marketing, Memory Business at Samsung Electronics.

Oleh karena itu, perangkat ini disebut sangat cocok untuk pemilik PC yang memang fokus mengerjakan konten-konten multi-media berukuran besar. Samsung juga menawarkan SSD ini dalam tiga versi yakni 1 TB, 2 TB dan 4 TB. Produk ini juga sudah mulai disebar pada Desember 2018 dengan harga retail $149.99 atau setara Rp 2,1 juta untuk tipe 1 TB serta bergaransi 3 tahun. [Ary/Ari]

Spesifikasi Samsung 869 QVO SSD:

Form Factor2.5-inch
Storage MemorySamsung V-NAND 4-bit MLC
ControllerSamsung MJX Controller
DRAM4GB LPDDR4 for 4TB

2GB LPDDR4 for 2TB

1GB LPDDR4 for 1TB

Capacity4TB, 2TB, 1TB4
Sequential Read/Write SpeedUp to 550/520 MB/s
Random Read/Write SpeedUp to 97K/89K IOPS
Management SoftwareMagician Software for SSD management
Total Bytes Written1,440TB (4TB)

720TB (2TB)

360TB (1TB)

WarrantyThree (3) Year Limited Warranty5

Komentar