Ledakan Dahsyat 1000 HP Mesin Valkyrie Share this
Gadget
Mode baca

Ledakan Dahsyat 1000 HP Mesin Valkyrie

Indra Prabowo
pada 12 Desember 2018

GAYDON — Mesin V12 Aston Martin Valkyrie dipastikan akan memuntahkan tenaga 1000 HP. Dapur pacu tersebut dikembangkan bersama antara Aston Martin dengan Cosworth yang bertahun-tahun menangani F1.

Mesin hypercar Valkyrie memiliki kapasitas 6.500cc dengan sudut 65°. Ledakan tenaga puncaknya terjadi di 10.500 RPM sebelum melanjutkan ke 11.100 RPM (maksimal). Rasio tenaga-terhadap-kapasitas 153,8 hp-per-litre. Sementara torsi maksimal 740 Nm tercapai pada 7.000 RPM.

Dengan tenaga puncak di atas murni digelontorkan oleh ICE (Internal Combustion Engine), angka performa Aston Martin Valkyrie akan lebih didorong oleh sistem hibrida baterai. Aston Martin akan mengungkap rinciannya dalam program pengembangan.

Aston Martin Valkyrie

Mayoritas komponen mesin terbuat dari bahan solid, termasuk conrod dari Titanium dan piston-piston berspesifikasi F1TM. Bobot mesinnya sendiri hanya 206 kg.

“Bagi siapa saja yang memiliki setetes bensin dalam darah mereka, mesin V12 naturally aspirated dan menggelora adalah puncak mutlak. Tidak ada yang terdengar lebih baik atau merangkum emosi dan kegembiraan mesin pembakaran internal secara lebih lengkap. Sejak awal tim di Cosworth bersikap teguh dalam komitmen mereka untuk mencapai tolok ukur yang mendorong batas-batas kemungkinan. Hasilnya adalah mesin yang sangat luar biasa. Yang saya ragu akan dilampaui (redaksi: oleh pabrikan lain),” kata Andy Palmer, Aston Martin Lagonda President and Group Chief Executive Officer. [Idr]


Komentar