Balap MotoE World Cup Dihelat Sebelum MotoGP Share this
MotoGP
Mode baca

Balap MotoE World Cup Dihelat Sebelum MotoGP

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 07 Juni 2018

TUSCAN - Balapan MotoE World Cup yang akan dimulai tahun depan akan dihelat setelah para pembalap Grand Prix (GP) menjalani sesi warm-up.

Dorna Sports semakin matang mempersiapkan satu kejuaraan baru yang tergabung di GP. Setelah mendapatkan respon positif dari tim-tim balap, titik terang mengenai penyelenggaraan FIM Enel MotoE World Cup kian jelas.

Setelah melakukan pertemuan kedua di Mugello, Italia, para petinggi balapan motor listrik yang terdiri dari Nicolas Goubert (Direktur Eksekutif MotoE World Cup), Pau Serracanta (Managing Director Dorna Sports), Corradi Cecchineli (Technological Director), Carlos Ezpeleta (Sporting Director) dan Mike Trimby (IRTA CEO) mulai mencapai kata sepakat.

Pada pertemuan itu akhirnya disepakati bahwa MotoE World Cup akan mendapatkan jatah dua kali latihan bebas. Masing-masing dilakukan selama 30 menit pada hari Jum'at. Sementara kualifikasi (E-Pole) sama seperti kelas di GP akan berlangsung di hari Sabtu. Sedangkan balapan MotoE World Cup akan dilakukan Minggu, usai para pembalap Moto3, Moto2 dan MotoGP melakoni warm-up.

"Kami sangat senang dengan perkembangan kejuaraan untuk tahun depan. Setelah pertemuan di Qatar (meeting pertama), sekarang kami bisa lebih detail membahas soal balapan dan sektor teknis," ujar Goubert.

Tim-tim besar seperti Sky VR46, Tech3, LCR, Marc VDS, Pramac, Angel Nieto, Avintia, Gresini, Pons, Dynavolt Intact GP dan SIC58 Squadra Corse sudah mengumumkan partisipasinya di kejuaraan ini. Bahkan, tim LCR dan Pramac menerjunkan dua pembalap sekaligus, sementara di kelas Moto3 dan Moto2 hanya satu pembalap saja.

Tes pertama seluruh partisipan MotoE World Cup 2019 bersama motor buatan Energica bernama Ego Corsa akan dimulai November 2018 di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Dari sisi teknis, Michelin akan menjadi penyupali ban resmi MotoE World Cup. Pihak produsen akan memasok masing-masing empat ban slick depan, lima ban slick belakang, tiga ban basah (depan) dan empat ban basah (belakang). Sementara di paddock juga akan tersedia charging station. Sebelum tes resmi nanti, para mekanik juga akan menjalani pelatihan pada bulan September dan Oktober 2018. [Ary/Ari]


Komentar