Lampu Interaktif VW Bikin Pemiliknya Tak Perlu Waswas Lagi Share this

Lampu Interaktif VW Bikin Pemiliknya Tak Perlu Waswas Lagi

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 18 Oktober 2018

WOLFSBURG - Volkswagen (VW) terus melanjutkan pengembangan sistem penerangan produknya sebagai bentuk kontribusi meningkatkan keselamatan di jalan raya.

Sudah diungkapkan sebelumnya, Volkswagen bakal menerapkan lampu IQ-Light LED dan menjadikan VW Touareg sebagai salah penggunanya. Namun, inovasi itu tak berhenti di situ karena VW sudah menyiapkan langkah lanjutan sistem penerangan masa depan mereka.

VW Touareg menjadi model pertama yang bakal mengaplikasi lampu utama dengan spesifikasi micro-pixel HD. Lampu ini diklaim memiliki lebih dari 30 ribu titik cahaya. Salah satu fungsi lampu tersebut adalah mendeteksi marka jalan, baik tanda lurus maupun melengkung di depan kendaraan.

Lampu utama itu juga menyajikan pandangan lebih baik karena penyebaran cahaya nan luas. Artinya, pengemudi mobil VW bakal menangkap posisi pengguna jalan lain seperti pejalan kaki.

Bagian dari inovasi VW juga terdapat pada penerapan lampu di body samping. Lampu ini akan menerangi bagian bawah mobil bertujuan memudahkan visibilitas dalam memantau letak atau jarak mobilnya dengan kendaraan di samping.

Pengembangan sistem penerangan VW juga terjadi pada lampu belakang, utamanya lampu rem. Ketika melakukan pengereman, lampu rem akan merefleksi ke jalanan. Fungsinya adalah agar pemilik mobil VW bisa memantau jarak aman dengan kendaraan di belakang melalui spion.

Lampu belakang jenis matrix ini juga menjadi alat komunikasi dengan kendaraan di belakang di mana tanda berupa garis tersebut menjadi patokan jarak aman dengan mobil VW. Lampu rem tersebut pun memiliki fungsi sebagai sistem optical park assist. Pemilik mobil VW lebih mudah melakukan parkir, sementara pejalan kaki mendapatkan peringatan dini jika ada mobil WV yang mendekat.

Pada handle pintu juga terdapat indikator untuk mengetahui apakah posisi pintu dalam keadaan terkunci atau tidak hingga informasi apakah sistem ini tengah terhubung dengan perangkat smartphone.

Melalui aplikasi itu pula, pemilik VW bisa memilih tanda yang ingin dipakai seperti segitiga dengan tanda seru untuk memberitahu kendaraan di belakang mengenai kondisi berbahaya di depannya. [Ary/Ari]

Lebih lanjut di Otospirit
Lampu Interaktif VW Bikin Pemiliknya Tak Perlu Waswas Lagi


Komentar