Lamborghini Ungkap Supercar dengan Teknologi Self-Healing Share this
Mobil Konsep
Mode baca

Lamborghini Ungkap Supercar dengan Teknologi Self-Healing

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 08 November 2017

Foto: Lamborghini Terzo Millenio Concept

SANT’AGATA BOLOGNESE - Lamborghini secara resmi membuka selubung Terzo Millennio Concept yang diyakini akan menjadi suksesor Aventador di masa depan.

Beberapa hari lalu, Lamboghini sempat menunjukkan foto bagian depan supercar konsep ini. Namun kali ini, produsen supercar asal Italia ini telah membuka selubung suksesor Aventador ini.

Lamborghini telah bekerjasama dengan Massachusetts Institute of Technology dalam proses pengembangan Terzo Millennio Concept.

Perusahaan pemilik logo banteng itu bermaksud membuat supercapasitor dari panel serat karbon yang bisa digunakan untuk membentuk body mobil - sehingga Terzo Millennio menarik energi dari tubuhnya sendiri. Dengan kata lain: body mobil itu sendiri adalah baterai.

Baterai tersebut tidak berbentuk kotak melainkan memiliki beragam bentuk yang disesuaikan dan ditanamkan di antara 2 panel body.

Lamborghini belum bersedia mengungkapkan spesifikasi secara spesifik pada bagian itu, namun yang bisa dipastikan bahwa supercar ini juga tersedia pengisian baterai dengan sangat cepat berkat adanya sistem advanced kinetic energy regeneration.

Konsep mobil ini sangat menjanjikan, dan mobil akan mampu terus memantau kondisi strukturnya sendiri, mendeteksi keausan dan kerusakan melalui sel-sel mikro yang mengandung "bahan kimia yang menyembuhkan" dalam serat karbon itu sendiri. Partikel berukuran kecilnya secara otomatis menyebar dan memperbaiki retakan kecil pada panel body.

Proses tersebut dimanakan "micro-channels filled with healing chemistries". Ide ini memang sangat cemerlang dan tidak mungkin dapat ditunjukkan dalam waktu dekat. [Amo/Ikh]

Lebih lanjut di Otospirit
Lamborghini Ungkap Supercar dengan Teknologi Self-Healing


Komentar