Lamborghini Murcielago a la Iran Bermimpi Punya Opsi Tiga Mesin Share this
Modifikasi
Mode baca

Lamborghini Murcielago a la Iran Bermimpi Punya Opsi Tiga Mesin

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 18 Oktober 2018

MASHHAD - Lamborghini Murcielago SV a la Iran ini dicanangkan punya tiga pilihan mesin di luar mesin yang sudah digunakan pihak pabrikan resminya saat ini.

Para insinyur di Iran ini bisa dibilang sukses meniru salah satu supercar buatan Italia tersebut. Pada saat perkenalannya di Mashhad, khalayak tak bisa melihat perbedaannya dengan Murcielago SV asli kecuali emblem yang tak terpasang.

Hal tersebut diakui Massoud Moradi selaku direktur proyek ini. Ia menyebut semua bagian baik eksterior maupun interior tetap sama. Moradi dan tim mengakui mereka membongkarnya untuk mengetahui sekaligus mempelajari bagaimana Lamborghini menggarap supercar tersebut.

Tentu saja, mobil racikan ulang ini punya pembeda utama. Hal itu terlihat jelas pada mesin. Moradi cs tak lagi menggunakan mesin V12 berkapasitas 6.500 cc bawaan awal Murcielago SV. Mereka justru memilih mesin lebih kecil, V6 milik Hyundai dengan kapasitas hanya 3.800 cc.

Jika Lamborghini Murcielago SV bisa menjangkau kecepatan tertinggi 330 km/jam, maka Murcielago asal Iran hanya sekitar 280 km/jam saja. Kabar menariknya adalah, Moradi yakin perusahaan di Iran bisa memproduksinya dalam rentang 50-100 unit setiap tahun.

Bahkan, Ia juga menyebut basis ini (Lamborghini Murcielago SV) bisa menggendong pilihan mesin lain seperti V8 atau V10. Dengan begitu, harga produksi maupun jualnya bisa lebih murah dan variatif. [Ary/Ari]


Komentar