Lamborghini Aventador Sentuh Produksi ke-10 Ribu Unit Share this
Berita Mobil
Mode baca

Lamborghini Aventador Sentuh Produksi ke-10 Ribu Unit

Indra Prabowo
pada 11 September 2020

Sant’Agata Bolognese — Automobili Lamborghini telah mencapai tonggak sejarah penting dengan model V12-nya: dalam sembilan tahun pabrik Sant'Agata Bolognese telah menghasilkan 10.000 Aventador. Supercar bernomor chassis 10.000 ini adalah Aventador SVJ Roadster warna Grigio Acheso (abu-abu) dengan livery Rosso Mimir (merah) dan interior Ad Personam Rosso Alala (merah) dan hitam. Mobil tersebut akan dikapalkan ke Thailand.

Rangkaian Aventador memulai debutnya pada tahun 2011 dalam versi coupé sebagai Aventador LP 700-4. Berkat solusi teknologi baru yang diperkenalkan, segera menjadi titik acuan baru dalam dunia mobil sport super.

Serat karbon monocoque inovatifnya yang diproduksi di pabrik Sant'Agata Bolognese adalah "cangkang tunggal": berbeda dari solusi lain, ini menggabungkan kokpit, lantai dan atap mobil dalam satu struktur, memastikan kekakuan struktural sangat tinggi dan dengan demikian kinerja maksimum dalam hal perilaku dinamis dan keselamatan pasif.

Mesin V12 berperforma tinggi baru dikembangkan untuk Aventador LP 700-4: dengan tenaga 700 HP (515 kW) pada 8.250 rpm, ini menetapkan tolok ukur baru dalam dunia mobil sport super pada saat diperkenalkan, memungkinkan akselerasi 2,9 detik dari 0 hingga 100 km/jam dan kecepatan tertinggi 350 km/jam.

Pada November 2012, Automobili Lamborghini menghadirkan versi Roadster dari Aventador. Atapnya terdiri dari dua bagian dan seluruhnya terbuat dari serat karbon, menggunakan teknologi berbeda termasuk RTM dan Forged Composite®, teknologi yang memastikan efek estetika maksimum dan bobot yang sangat ringan. Padahal, setiap bagian atap memiliki bobot kurang dari 6 kg. Pilar belakang didesain ulang untuk menyediakan atap yang dapat dilepas dengan penyangga tepat, untuk menampung sistem perlindungan penumpang otomatis dan untuk ventilasi ruang mesin yang memadai.

Di Geneva Motor Show 2012, Aventador J diluncurkan, sebuah mobil sport super "terbuka" dengan eksterior dan interior yang menyatu satu sama lain.

Pada tahun 2016, Automobili Lamborghini meluncurkan Aventador Miura Homage, seri khusus yang berasal dari Aventador coupé untuk memberikan penghormatan kepada Miura, cikal bakal mobil sport super V12 Lamborghini, di tahun ulang tahunnya yang ke-50. Dibuat oleh departemen Ad Personam perusahaan dan terbatas hanya 50 unit, Aventador Miura Homage mencerminkan model Miura asli dalam warna dan fiturnya.

Pada tahun 2016, Lamborghini Aventador S baru diperkenalkan, menampilkan desain aerodinamis baru, suspensi yang didesain ulang, lebih bertenaga, dan dinamika berkendara yang sepenuhnya diperbarui. "S" menunjukkan versi model Lamborghini yang sudah disempurnakan. Aventador S menggunakan mesin 12-silinder 6,5 liter dengan output 40 HP lebih banyak dari model sebelumnya, menjadi 740 HP.

Pada tahun 2018 Aventador SVJ diperkenalkan. "SV", sesuai tradisi, adalah singkatan dari Superveloce, dan "J" adalah singkatan dari "Jota", yang menunjukkan keunggulan mobil di trek dan dalam hal performa. SVJ 63 diproduksi hanya dalam 63 unit untuk menghormati tahun didirikannya Automobili Lamborghini: 1963.

Pada tahun 2018 Aventador SVJ diperkenalkan. "SV" adalah singkatan dari Superveloce, dan "J" adalah singkatan dari "Jota", yang menunjukkan keunggulan mobil di trek dan dalam hal performa. Aventador SVJ telah memantapkan dirinya sebagai kendaraan produksi tercepat di trek Nürburgring-Nordschleife Jerman yang terkenal, menempuh jarak 20,6 km hanya dalam 6:44,97 menit. Produksi SVJ dibatasi hingga 900 unit. SVJ 63, edisi khusus dengan setup unik yang menyoroti penggunaan ekstensif serat karbon, diproduksi hanya dalam 63 unit untuk menghormati tahun didirikannya Automobili Lamborghini: 1963.

Pada tahun 2019, Aventador S dari Skyler Grey diluncurkan, simbol perpaduan dua konsep seni. Di satu sisi, ada seni otomotif Lamborghini, di mana desain bentuk yang unik, di mana selalu dicirikan oleh garis-garis kencang, volume tiga dimensi, geometri dan elemen gaya masa lalu, digabungkan dengan solusi teknologi perintis. Di sisi lain, Skyler Grey menggunakan teknik utama seni jalanan - airbrushing, pistol semprot, roller dan stensil - untuk mempersonalisasi body mobil dengan gaya Pop khasnya dengan warna oranye dan kuning. Mobil itu dicat dalam tiga minggu di fasilitas cat baru Lamborghini. [Idr]


Komentar