Kunci Immobilizer Mobil Eropa Mudah Diduplikat Tanpa Persyaratan Share this
Mobil Baru
Mode baca

Kunci Immobilizer Mobil Eropa Mudah Diduplikat Tanpa Persyaratan

Denny Basudewa
pada 25 November 2016

Foto: Kunci Immobilizer Mobil Eropa Mudah Diduplikat

JAKARTA - Immobilizer merupakan sistem keamanan pada mobil yang terkoneksi dengan ECU (electronic control unit) mobil. Tanpa sistem ini, kunci pintu mobil tidak bisa dibuka, bahkan mesin pun tidak akan bisa menyala. Tujuan dibuat kunci jenis immobilizer untuk menyulitkan gerak pencuri mobil.

Jika pemilik mobil kehilangan jenis kunci tersebut, diharuskan mengunjungi dealer resmi untuk dilakukan penggantian kunci baru dengan syarat tertentu. Kenapa?

Karena immobilizer dilengkapi dengan microchip berisi data agar bisa dikenali ECU mobil. Jika ECU bisa membaca kode pada microchip yang sudah terdaftar, maka mesin mobil bisa distarter.

Tapi siapa sangka jika kunci jenis immobilizer ternyata riskan untuk diduplikat. Terlebih mobil-mobil Eropa yang kebanyakan menggunakan keyless immobilizer. Kondisi ini tentu saja kian memudahkan para penduplikat kunci.

Caranya sangat mudah, para penduplikat cukup menggunakan scanner yang didesain khusus untuk membaca microchip. Untuk membuat duplikasi immobilizer, para penduplikat menerapkan langkah-langkah relatif mudah.

Pertama, keluarkan microchip dari kunci utama. Lalu tempelkan microchip pada scanner untuk melakukan copy data. Selanjutnya pindahkan data tersebut ke blank microchip (microchip kosong) yang telah tersedia.

Setelah itu Microchip yang berisi data kendaraan pun siap dimasukkan ke remote/rumah immobilizer.

Kunci Immobilizer Mobil Eropa Mudah Ditiru scanner yang didesain khusus untuk membaca microchip

Untuk mencari remote immobilizer baru pun tidak usah merasa bingung, sebab toko tersebut menyediakan beragam kunci dari berbagai merek mobil Eropa. Biaya yang Anda kucurkan pun relatif terjangkau yaitu kisaran Rp 800 - Rp 2 juta (tergantung kebutuhan modul). Sangat mudah bukan membuat kunci immobilizer cadangan ini.

Namun untuk mobil buatan Jerman seperti Mercedes-Benz dan BMW, proses duplikasi membutuhkan alat khusus yang sesuai dengan merek kendaraan. Jadi saking mudahnya, Anda harus lebih hati-hati jika ingin meminjamkan mobil kesayanan Anda.

Duplikat kunci immobilizer bisa dilakukan di salah satu sentra otomotif di Jakarta Pusat. Anda bisa menghubungi Asen di nomor telepon 0838-7888-6186. [Dew/Ikh]


Komentar