KTM Luncurkan Motor Enduro 2-Stroke Injeksi Pertama di Dunia Share this
Motor Baru
Mode baca

KTM Luncurkan Motor Enduro 2-Stroke Injeksi Pertama di Dunia

Denny Basudewa
pada 02 June 2017

Foto: KTM 300 EXC

MATTIGHOFEN – KTM meluncurkan motor Enduro yang paling ringan, kuat dan cepat tahun lalu. Kali ini mereka meluncurkan desain baru dari EXC, dengan inovasi pada sistem injeksi dan merupakan yang pertama di dunia.

KTM menambah jajaran motor Enduro mereka yakni 250 EXC dan 300 EXC dengan fitur paling mutakhir. Penerapan sistem injeksi pada kendaraan bermesin 2-stroke membuatnya menjadi pelopor produsen kendaraan yang unik.

Sistem EFI untuk kendaraan yang telah dipatenkan ini menempatkan dua buah injektor, guna memasok bahan bakar pada masing-masing silinder. Hasilnya mesin menjadi lebih mulus dan paling penting adalah, konsumsi bahan bakar menurun drastis.

Teknologi sistem injeksi pada mesin 2-stroke yang pertama diterapkan KTM ini, konsumen tidak perlu lagi mencampur bahan bakar atau mengganti jetting injector (spuyer) di beberapa kondisi berbeda. Tentunya hal ini memberikan keuntungan tersendiri bagi pemiliknya.

Tidak hanya mengandalkan sistem injeksi yang merupakan pelopor di mesin 2-langkah ini, KTM menyematkan teknologi throttle body baru dan Engine Management System (EMS), termasuk Electronic Control Unit (ECU) baru yang menggunakan beberapa sensor baru, guna memberikan pengapian sempurna.

Mereka juga menyematkan betuk silinder baru, kotak saringan udara, pompa bensin, dan tangki bahan bakar baru. Seluruh perangkat baru akan melekat pada rangka baru berbahan baja. Melengkapi sejumlah pembaruan tersebut di atas, KTM juga memberikan sentuhan pada body dengan grafis baru.

“Ini merupakan momen membanggakan bagi kami, dalam mengenalkan model pertama di dunia yang menggunakan injeksi pada mesin 2-stroke pada motor offroad kompetisi. Kami berkomitmen untuk menghadirkan teknologi revousioner pada KTM 250 EXC TPI dan KTM 300 EXC TPI,” ujar Joachim Sauer, Product Marketing Offroad. [Dew/Ikh]

Lebih lanjut di Otospirit
KTM Luncurkan Motor Enduro 2-Stroke Injeksi Pertama di Dunia


Komentar