KTM-Bajaj Produksi Husqvarna di India Share this
Berita Motor
Mode baca

KTM-Bajaj Produksi Husqvarna di India

Denny Basudewa
pada 07 Juli 2017

Foto: Husqvarna Produksi di India

PUNE – Bajaj dan KTM akan memproduksi Husqvarna di India guna memperingati sepuluh tahun kebersamaan di bidang otomotif.

Selama beberapa tahun belakangan ini, KTM telah memproduksi kendaraan di negeri Bollywood. Bekerjasama dengan Bajaj selaku produsen sepedamotor dan kendaraan komersial lokal. Setelah sepuluh tahun berkolaborasi, kini mereka berekspansi dengan memproduksi Husqvarna.

Keputusan ini terdengar Huskies memproduksi kendaraan di India cukup mengejutkan. Namun jika dilihat dengan seksama, KTM dan Husqvarna merupakan brand yang sama-sama menawarkan motor jenis offroad.

KTM selama ini dikenal sebagai produsen sepedamotor yang selalu menghadirkan kendaraan dengan spek tinggi di Austria. Mereka juga melakukan kontrol ketat pada setiap produk yang dihasilkan. Hal tersebut diperkirakan menjadi bahan pertimbangan penting bagi Husqvarna.

Husqvarna kabarnya akan memproduksi model Svartpilen dan Vitpilen 401 di India. Kedua model tersebut menggunakan basic mesin yang sama dengan KTM 390 yang telah diproduksi di India. Selain memproduksi motor, Huskies melihat potensi pasar yang cukup besar di negara Bollywood.

Keputusan Husqvarna dinilai berbagai pihak merupakan langkah bisnis yang efektif. Karena dengan memproduksi motor di India selain bisa melakukan efisiensi biaya produksi, mereka juga bisa menghilangkan pajak impor.

Target yang ingin dicapai oleh Bajaj dengan adanya kerjasama ini cukup besar. Mereka hendak memproduksi setidaknya 100 ribu unit mesin KTM dan Huskies tahun ini. Kemudian setahun berikutnya, mereka menggandakan target dua kali lipatnya.

Meskipun targetnya tidak sebesar pabrikan Jepang, namun langkah KTM dan Huskies dipercaya dapat merubah segmen pasar keduanya dari pemain di kelas terbatas menjadi pemain penting secara global. [Dew/Ikh]


Komentar