KTM 1190 RC8 R Spek Balap Siap Dipinang Share this
Berita Motor
Mode baca

KTM 1190 RC8 R Spek Balap Siap Dipinang

Denny Basudewa
pada 04 Juni 2020

Foto: KTM RC8 R

MATTIGHOFEN – KTM menawarkan RC8 R yang memiliki reputasi di berbagai kejuaraan balap.

KTM yang dikenal sebagai produsen sepedamotor berperforma, menggoda para biker penyuka kecepatan dengan RC8 R spek balap. Motor yang pertama kalinya dipasarkan pada 2008 ini memiliki darah Superbike dan keunggulannya sendiri.

Sejak pertama kali diniagakan, KTM RC08 hanya bertahan selama dua tahun saja dan hanya terjual sebanyak 8.000 unit. Lalu unit kendaraan tersebut seperti menghilang di telan bumi. Sejak saat itu, KTM tidak lagi memiliki motor balap yang bisa digunakan di jalan raya.

Menghilangnya KTM RC8 R dari pasaran dikatakan berkaitan dengan perubahan pada kejuaraan Superbike (WSBK). Kuda besi asal Eropa tersebut dianggap tidak mampu bersaing dengan kompetitornya.

KTM RC08 R disebut-sebut sengaja dirancang untuk bertarung di kejuaraan balap yang mesinnya murni 1.000 cc. Namun ketika WSBK mengumumkan aturan mesin mencapai 12.000, KTM secara otomatis mengundurkan diri dari WSBK.

Sekedar mengingatkan untuk bisa bergabung dengan WSBK. Pabrikan harus memiliki produk sepedamotor yang juga dijual bebas di masyarakat. Hal inilah yang digadang-gadang menjadi salah satu masalah bagi pabrikan motor yang identik dengan warna orange tersebut.

KTM RC8 R seperti disebutkan di atas bukanlah kendaraan yang bisa digunakan di jalan raya. Komponen motor yang melekat pada kendaraan dirancang khusus untuk balapan. Oleh karena itu, RC8 R tidak memiliki lampu depan dan spion.

Motor dengan kapasitas mesin 1.190 cc V-Twin, dikatakan mampu menyemburkan daya puncak sebesar 180 hp. Mesin tersebut disandingkan dengan transmisi manual enam-percepatan, ditambah lagi fitur quick-shifter. Uniknya mesin dua silinder ini baru mengaktifkan dua buah businya ketika dipacu melewati 7.000 rpm.

Sebagai motor balap, komponen pendukung yang melekat meliputi knalpot Akrapovic, rumah roda berbahan karbon fiber, ban slick Dunlop, folding clutch dan brake lever. Suspensinya mengandalkan buatan WP dan perangkat pengereman didukung Brembo.

Kuda besi ini berada di California, Amerika Serikat. Untuk memilki kendaraan langka ini, Otospirit lovers dapat mengikuti lelang dengan harga mulai dari Rp 84 juta. [Dew/Idr]


Komentar