Kritik Keras Lorenzo Terhadap Pelarangan Winglet di MotoGP 2017 Share this
MotoGP
Mode baca

Kritik Keras Lorenzo Terhadap Pelarangan Winglet di MotoGP 2017

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 13 Desember 2016

Foto: Lorenzo Kritik Pelarangan Winglet di MotoGP 2017

BOLOGNA - Pabrikan Ducati selalu dikait-kaitkan dengan penggunaan winglet. Sebab, tim balap asal Italia ini sangat "ngotot" agar perangkat aerodinamis tersebut bisa digunakan di balap MotoGP.

Niat Ducati pun kandas setelah Grand Prix Commission mengeluarkan pernyataan pelarangan winglet untuk setiap motor yang berlaga di MotoGP 2017. Terkait pelarangan tersebut, pembalap baru Ducati yaitu Jorge Lorenzo pun mengkritisinya.

Pembalap Spanyol itu mempertanyakan mengenai pelarangan winglet pada MotoGP. Lorenzo menegaskan bahwa jika benar-benar winglet membahayakan, seharusnya sudah dilarang saat balapan musim MotoGP 2016 berlangsung setengah jalan.

Sementara sejak awal musim 2016, Ducati telah terlibat dalam pengembangan winglet. Sebab motor-motor Ducati Desmosedici merasa positif ketika menggunakan perangkat tersebut. Ini berikutnya yang menjadi kunci mengendalikan kekuatan besar motor Ducati. Ducati pun masih mengembangkan winglet setelah musim 2016 berakhir.

Menurut Lorenzo, jangan menyebut winglet berpotensi bahaya untuk para pembalap di lintasan. Ia menuturkan sebagian besar kecelakaan MotoGP 2016 tidak satu pun dari mereka cedera karena benda tersebut.

"Ada banyak kecelakaan tahun ini dan tidak satu pun dari mereka menderita goresan (akibat winglet). Sudah jelas bahwa kami telah memiliki keunggulan kompetitif karena kami dilengkapi winglet yang motor lain tidak miliki," kata Lorenzo dilansir Motorsport.com.

"Jika winglets benar-benar mengkhawatirkan bagi penyelenggara dalam hal keselamatan, winglet seharus telah dilarang di pertengahan musim MotoGP 2016. Di Montmelo (Barcelona) layout sirkuit diubah 10 menit setelah tragedi kecelakaan Luis Salom, jadi kenapa winglet tetap digunaka saat balapan jika winglet membahayakan kami," tegas pembalap berjuluk Por Fuera itu. [Ikh]


Komentar