Korea Selatan Jadi Tuan Rumah ARRC 2019 Share this
Balap Lain
Mode baca

Korea Selatan Jadi Tuan Rumah ARRC 2019

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 25 Oktober 2018

YEONGAM - Korea International Circuit (KIC) akan menjadi arena bertarung Asia Road Racing Championship (ARRC) 2019 di Korea Selatan.

Perhelatan ARRC bakal menyajikan pengalaman baru dengan penunjukkan Korea Selatan sebagai tuan rumah. Dan, untuk pertama kalinya pula sirkuit KIC dijadikan lokasi hajatan balap motor internasional.

Pihak penyelenggara, Two Wheels Motor Racing (TWMR) mengatakan dalam beberapa tahun terakhir mereka terus menjalin kerjasama dengan pemilik sirkuit di Asia. Hal tersebut juga sudah dibuktikan pada ARRC 2018 melalui penyelenggaraan ARRC Australia. Kesepakatan dengan Korea Motorcycle Federation (KMF) ini merupakan salah satu cara agar balap ARRC dapat dijangkau lebih luas lagi, utamanya di negara Korea Selatan.

"Selama beberapa tahun terakhir, ARRC telah bekerja keras untuk menjalin kemitraan yang saling menguntungkan dengan federasi, promotor dan pemilik sirkuit Asia lainnya. Kami percaya bahwa dengan bekerja sama, kami akan dapat melayani kebutuhan industri balap sepedamotor di wilayah ini dengan lebih baik," kata Ron Hogg, Direktur TWMR selaku promotor ARRC.

Korea Selatan Tuan Rumah ARRC 2019

Lebih lanjut, Ia mengapresiasi sikap Lee Dong Ki, Presiden KMF menyetujui kesepakatan tersebut. Korea Selatan sendiri dijadwalkan menjadi tuan rumah dengan durasi 3 tahun (2019-2021).

Bicara soal sirkuit, KIC sudah dipakai untuk balapan Formula One sejak 2010 hingga 2013. Sirkuit ini juga memiliki lay out menantang yaitu berlawanan arah jarum jam dengan 18 tikungan dan trek sepanjang 5,62 km.

Keterangan sementara balapan ARRC Korea Selatan bakal dihelat pada 9-11 Agustus 2019. Masuknya negara ini juga sekaligus menghapus dua seri yang sebelumnya berlangsung di Chang International Circuit, Buriram, Thailand.

Meski belum dirilis secara resmi, ARRC 2019 juga sepertinya bakal mengalami perubahan di mana Malaysia akan menjadi seri pembukanya. Diikuti kemudian oleh Australia, Thailand, Korea Selatan, Jepang, Indonesia dan terakhir India. Selain itu, TWMR juga sudah mengumumkan musim depan akan ada kelas baru yakni Asia Superbike 1000 yang akan menggantikan kelas Supersport 600. [Ary/Ari]


Komentar