Komunitas Xpander X-Moc Jadi Pengawas Buat MMKSI di Daerah Share this
Berita Mobil
Mode baca

Komunitas Xpander X-Moc Jadi Pengawas Buat MMKSI di Daerah

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 20 September 2018

JAKARTA - Komunitas pemilik Mitsubishi Xpander yang tergabung dalam Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia (X-Moc) punya kerjasama unik dengan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Pesatnya penyebaran Mitsubishi Xpander juga diiringi dengan tumbuhnya komunitas mobil tersebut yang menamakan dirinya sebagai X-Moc. Bahkan, dalam setahun keberadaannya X-Moc sudah mampu menjaring setidaknya 1.600 member dari seluruh Indonesia.

"Member kami sudah cukup lengkap mulai dari Aceh hingga Papua. Saat ini, X-Moc juga sudah membentuk 22 Pengda yang membawahi 28 chapter. Kalau dihitung, lebih dari 4 orang bergabung di X-Moc setiap harinya," kata Sonny Ekaputra, Ketua Umum X-Moc.

Meski begitu, belum semua member bisa menikmati Xpander. Hal tersebut diakui Danny Bastian selaku Ketua Pelaksana Harian X-Moc.

"Benar memang ada dari member kami yang belum mandapatkan unit. Tapi, dari total member jumlahnya kurang dari 3 persen. Mereka bisa jadi member dengan menyertakan bukti SPK (surat pesanan kendaraan)," sahut Danny.

X-Moc berencana melakukan Jambore Nasional pertama sekaligus merayakan anniversary di Salatiga, Jawa Tengah.

PT MMKSI memang kebanjiran pesanan sejak produk Xpander diluncurkan 2017. Konsekuensinya, calon konsumen harus sabar menunggu unit mobilnya tiba di rumah. Beberapa member X-Moc ada yang menanti selama 3 bulan dan bahkan hingga 8 bulan lamanya.

Atas dasar itu pula, X-Moc coba untuk memantau atau mengawasi pendistribusian Xpander. Tugas ini tentunya bukan untuk memprioritaskan member mereka. Melainkan membantu PT MMKSI. Danny melanjutkan ini dilakukan untuk menghindari kekhawatiran ada SPK yang tertahan di dealer-dealer.

"Memang secara intensif kami bekerjasama dengan X-Moc untuk memantau jumlah inden Xpander di tiap daerah kepengurusan mereka. Dari situ, kami punya data (SPK) dari dealer maupun X-Moc. Tapi, bukan berarti anggota X-Moc menjadi prioritas. Kami tetap menjalankan first in, first out untuk SPK dan ini masih tertib," kata Jerry Amran, Head of Public Relations Section PT MMKSI.

Jerry melanjutkan kolaborasi tersebut merupakan langkah dari Mitsubishi Indonesia untuk memberikan yang terbaik untuk konsumen. Berkat kinerja X-Moc juga PT MMKSI perlahan bisa mengatasi waktu tunggu (inden) Xpander.

"Ternyata banyak data SPK yang kami terima dari X-Moc. Dari data dealer Januari-Februari 2018, masih ada SPK Agustus 2017 yang belum kami terima dan untuk periode itu sudah diselesaikan. Setelah itu, kami maju ke SPK September 2017 dan targetnya sampai Desember 2017," tutup Jerry.[Ary/Ari]


Komentar