Komunitas Vespa Kawal Obor Asian Games 2018 di Jakarta Share this
Berita Motor
Mode baca

Komunitas Vespa Kawal Obor Asian Games 2018 di Jakarta

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 13 Agustus 2018

Foto: Sebanyak 17 komunitas Vespa ditunjuk mengawal obor Asian Games 2018 di Jakarta.

JAKARTA - Komunitas Vespa di Jakarta dan Bogor berkolaborasi membentuk sebuah komite sebagai bagian dari formasi pengiring obor Asian Games 2018 keliling Ibukota.

Indonesia kembali terpilih sebagai tuan rumah Asian Games ke-18. Masyarakat pun menyambut positif perhelatan ke-5 di mana 40 cabang olah raga akan berlangsung di Jakarta dan Palembang. Termasuk pula para komunitas Vespa yang terpanggil untuk memeriahkan perhelatan akbar tersebut.

Komunitas iVespa Indonesia, kumpulan pengguna Vespa modern pun coba mengajukan diri kepada pihak DISPORA Pemprov DKI selaku tuan rumah dan INASGOC(panitia Nasional penyelenggara Asian Games 2018) untuk terlibat di dalamnya.

Alhasil, semuanya sepakat menghadirkan Vespa Community Comite yang akan bertugas mengiringi obor Asian Games saat diarak keliling Jakarta. Namun, iVespa Indonesia tidak bekerja sendiri karena mereka juga turut menggandeng komunitas Vespa lainnya untuk berpartisipasi sebagai "Vespa Volunteers - Torch Relay Asian Games 2018.

“Inisiatif kami menggandeng klub dan komunitas Vespa lainnya yang ada di Jakarta, mendapat tanggapan positif dari komunitas hobi skuter Vespa di seluruh wilayah Jakarta bahkan Bogor. Kita siap mengawal dan menjadi bagian formasi pengiring obor Asian Games keliling Jakarta,” kata Yanto Herlambang, ketua pelaksana Torch Relay Vespa Community Committee for Asian Games 2018.

Sebanyak 17 komunitas Vespa yang akan turut berpartisipasi adalah IVespa Indonesia (Koordinator acara), GTVS, Prapanca, BBC, Piaggio Lovers, On The Way, Scooter Bee, Velors, Stenbeii, Owner Club 946, Vespa Selatan, Vespa Tebet Society, Hore Scooter, Kutu Community, SMA 6 Vespa Club, Vespa Escape dan Vespa Ranger.

Komite ini juga mendapat dukungan donatur dari rekan-rekan anggota sendiri dan dukungan publikasi dari media media otomotif di Indonesia. Adapun untuk rute pengiringan obor /Torch Relay yang akan dilaksanakan tanggal 15-16 Agustus 2018 terbagi menjadi 4 yaitu area Jakarta utara, area Jakarta timur, area Jakarta selatan, dan area Jakarta Pusat-Barat.

Pada pelaksanaannya nanti, kegiatan ini akan diikuti lebih 250 skutik vespa matic (skutik modern). Dimulai 15 Agustus, kirab obor Asian Games 2018 di Jakarta melintasi kawasan Cililitan menuju Taman Mini Indonesia Indah, lalu bergerak ke daerah Condet (Rindam), Ragunan dan Pejaten Village. Kemudian api akan dibawa menggunakan bus menuju ke Monumen Nasional.

Tanggal 16 Agustus, kirab obor akan dimulai dari Mesjid Raya Kemayoran, melewati Monumen Nasional, menuju Tanah Sereal, Kota Tua hingga Kali Jodo dan berakhir di Danau Sunter. Arief ‘Tobler’ Ramdani salah seorang penanggungjawab acara menjelaskan lebih 250 skutik itu akan disebar di lima wilayah jakarta yang akan dilintasi kirab obor.

"Masing-masing wilayah akan ada 50 skutik yang terdiri dari 20 vespa berwarna merah dan putih dan 30 Vespa beragam warna yang siap mengawal. Mari kita sukseskan dan semarakkan Asian Games ke XVIII tahun 2018. Kita buktikan bahwa kita siap menyelenggarakan perhelatan besar ini dangan meriah dan aman serta menjadi penyemangat para atlet atlet untuk berprestasi membela nama Indonesia," tutup Arief. [Ary/Ari]


Komentar