Komunitas Vespa Diklaim Masih Loyal Gunakan Eni Oil Share this
Berita Motor
Mode baca

Komunitas Vespa Diklaim Masih Loyal Gunakan Eni Oil

Insan Akbar
pada 01 Agustus 2018

Foto: Eni Oil masih jadi pilihan komunitas Vespa

JAKARTA – Komunitas Vespa diklaim masih loyal menggunakan Eni Oil, meski kini oli asal Italia tersebut bukan lagi pelumas resmi Vespa.

Eni Oil, yang dulu dijual dengan merek Agip, sudah lekat dengan Vespa. Bagaimana tidak, keduanya sudah bekerja sama setelah puluhan tahun.

Imran Razy, Direktur Utama PT. Bahana Nusa Lubrindo (BNL), mengatakan kolaborasi tersebut berakhir tahun lalu. Hal ini membuat salah satu produk Eni Oil yaitu I-Ride Scooter ID (dahulu bernama City Hi Tech) tak lagi didistribusikan ke bengkel-bengkel resmi.

“Jadi kami tak bisa lagi mengatakan bahwa ini adalah oli yang direkomendasi oleh Vespa dalam penjualan produk,” kata dia menjawab pertanyaan Otospirit dalam wawancara pada Selasa (31/7/2018) di Sunter, Jakarta.

Imran mengakui memang ada penurunan penjualan I-Ride Scooter ID pada tahun ini. Namun, ternyata jumlahnya tak signifikan.

“Data penjualan produk ini turunnya enggak banyak. Enggak sampai 5 persen,” klaimnya tanpa menyebutkan volume penjualan secara mendetail.

Loyalitas Komunitas

Penurunan relatif kecil ini dinilai karena dua penyebab. Pertama adalah kesetiaan konsumen Vespa dan kedua  distribusi yang dilakukan di bengkel-bengkel tidak resmi yang kerap disambangi komunitas.

“Untungnya konsumen-konsumen Piaggio sangat loyal karena mereka punya kesadaran sangat kuat terhadap sebuah merek. Jadi, walaupun kami tidak lagi menjadi oli resmi Vespa, mereka tetap pakai dan mencari oli kami,” aku Imran.

Kun Budi, Sales Manager BNL, menambahkan bahwa para pemilik Vespa tak hanya mencari I-Ride Scooter ID di bengkel. Pencarian serta pembelian lewat situs jual-beli online pun kerap dilakukan.

“Oli ini memang dibikin melalui kerja sama dengan Piaggio. Ini oli 5W-40 sehingga kekentalannya sangat cocok dengan mesin Vespa. Oli resmi yang sekarang 10W-40 dan sebenarnya lebih cocok kami,” klaimnya. [Xan/Ari]


Komentar