Kolaborasi Triumph – Bajaj Segera Lahirkan Model Baru Share this
Berita Motor
Mode baca

Kolaborasi Triumph – Bajaj Segera Lahirkan Model Baru

Denny Basudewa
pada 12 Agustus 2019

Foto: Triumph - Bajaj

NEW DELHI – Triumph dan Bajaj dikabarkan segera meluncurkan model baru hasil kolaborasi setidaknya awal 2020.

Kabar ini menyusul informasi yang berkembang bahwa kedua belah pihak (Triumph dan Bajaj), akan melakukan penandatanganan kerjasama pada kuartal ke-3 2019. Jika merujuk kalender maka sejatinya mereka akan memulai kolaborasi pada bulan depan.

Berita mengenai adanya kerjasama Triumph dan Bajaj sendiri telah menyeruak sejak 2017. Pada saat itu, mereka sepakat untuk melahirkan motor-motor berkapasitas mesin 400 cc hingga 800 cc. Motor-motor dengan kubikal tersebut belum ada di dalam jajaran kedua pabrikan.

Dalam kerjasama ini, Triumph bertugas sebagai kreator atau perancang desain motor. Sementara Bajaj memiliki tugas untuk memproduksi kendaraan hasil rancangan pabrikan asal Inggris itu, baik mesin hingga sasis.

Kesepatakan Triumph dengan Bajaj, berbeda dengan apa yang dilakukan KTM bersama merek serupa. Triumph tidak membagikan saham mereka di Inggris. Kesepakatannya adalah memberikan ruang kosong dari model-model yang belum pernah digarap keduanya.

Triumph akan memproduksi motor dengan kapasitas mesin di bawah 765 cc. Sedangkan untuk Bajaj, mereka tertarik untuk menghadirkan kendaraan roda-dua bermesin di atas 373 cc.

Kolaborasi ini diharapkan memberikan kedua belah pihak keuntungan. Mereka juga berharap mendapatkan pasar dan pelanggan baru, di model-model yang belum pernah ada sebelumnya.

Adapun motor hasil kerjasama ini rencananya akan dipasarkan di India terlebih dahulu. Negara yang dikatakan memasarkan lebih dari 21 juta unit sepedamotor ini, akan menjadi target menggiurkan tentunya. [Dew/Idr]


Komentar