Kisah Sukses Suzuki Ignis di Dunia Share this
Berita Mobil
Mode baca

Kisah Sukses Suzuki Ignis di Dunia

Denny Basudewa
pada 21 Oktober 2017

Foto: Suzuki Ignis memiliki sejarah panjang untuk sampai ke Indonesia (Foto: Amos)

JAKARTA – Suzuki Ignis memiliki kisah sukses panjang di dunia otomotif dunia.

Mobil bergenre Urban SUV ini pertama kali diproduksi di awal 2000 untuk menggantikan Suzuki Cultus. Kendaraan ini ditawarkan dalam dua model yakni tiga-pintu dan hatchback lima-pintu. Sementara untuk pilihan mesin tersedia dua jenis yakni 1.3-liter dan 1.5-liter yang masing-masing menghasilkan tenaga sebesar 87 hp dan 109 hp.

Pada 2002 Suzuki Ignis berlaga dalam kejuaraan World Rally Championship selama satu musim. Kemudian tahun berikutnya brand dengan logo S tersebut meluncurkan Ignis Sport dengan model tiga-pintu.

Di negara asalnya, Ignis sendiri dikenal sebagai Swift Sport. Mobil ini memiliki tenaga maksimal sebesar 114 hp. Paket aksesori untuk kendaraan ini juga cukup melimpah di pasaran seperti body kit, lowering kit, suspensi, close ratio gear dan exhaust.

Pada 2015, Suzuki Ignis generasi kedua kembali dikenalkan dalam bentuk konsep iM-4 di Geneva Motor Show 2015. Dan versi produksi dari small crossover itu untuk pertama kalinya muncul di Jepang pada pameran otomotif Tokyo Motor Show 2015 dan mulai dipasarkan di Negeri berjuluk Matahari Terbit pada Januari 2016.

Untuk pasar India, Ignis diproduksi oleh Marut Suzuki guna menggantikan model sebelumnya yakni Ritz. Pada bagian mesin, mobil ini menggunakan spek diesel 1.3-liter yang digadang-gadang mampu menghasilkan tenaga sebesar 75 hp, dengan torsi maksimal 190 Nm.

Namun negara penghasil film-film Bollywood tersebut juga menawarkan versi mesin bensin 1.2-liter. Sumber tenaga mesin ini mampu menghasilkan tenaga 82 hp dan torsi 113 Nm. Keduanya dipasangkan dengan transmisi manual 5-speed da AMT 5-speed (AGS/auto gear shift).

Di Indonesia, Suzuki Ignis pertama kali dikenalkan satu pekan sebelum pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017. Kemudian Urban SUV satu ini menyabet gelar Best Buy Car IIMS 2017.

Pada acara FORWOT Car of The Year 2017, Ignis meraih suara terbanyak kedua dari para jurnalis otomotif. Suzuki Ignis banyak mencuri konsumen muda dalam negeri yang haus kendaraan stylish dan lincah. [OS]


Komentar