Kia Ngotot Rilis Mobil Otonom Share this

Kia Ngotot Rilis Mobil Otonom

Muhammad Ikhsan
pada 15 Desember 2015

Foto: Mobil Otonom Kia

NEVADA - Mobil bergerak sendiri (mobil otonom) diprediksi akan menjadi tren sebagai alat akomodasi di masa depan. Wajar banyak produsen otomotif kepincut mengembangkan mobil cerdas tersebut, salah satunya Kia.

Bahkan merek asal Korea itu pun terbukti telah berhasil menguji mobil otonom pada kondisi jalan yang beragam di Nevada, Amerika Serikat.

Kota Nevada dimanfaatkan Kia untuk menguji coba kendaraan otonom mereka. Di sana, Kia mengandalkan Soul EV kelir hitam. Selama ini Nevada menjadi lokasi strategis menguji coba mobil masa depan, karena di sana sangat mendukung untuk mobil otonom.

Kia menyematkan teknologi Traffic Jam Assist, Highway Autonomous Driving, Urban Autonomous Driving, dan Emergency Stop System, serta Autonomous Valet Parking pada mobilnya yang diuji coba di jalanan Nevada.

Seperti dijelaskan, pabrikan ini berencana untuk mengenalkan kendaaan otonom pertama pada tahun 2020, dan 10 tahun kemudian akan memproduksi massal kendaraan otonom.

Kia mengembangkan mobil masa depan tersebut bersama Hyundai. Dan kedua perusahaan sudah mengucurkan dana hingga US$ 2 miliar untuk mengembangkan mobil tanpa pengemudi.

Jauh sebelum Kia, Google sudah lebih dulu mendapatkan izin menguji coba kendaraan otonom di Nevada, setelah itu Audi. Saat ini diketahui beberapa produsen otomotif berlomba mengembangkan mobil otonom untuk kebutuhan masyarakat dunia di masa depan. [Ikh/Idr]


Komentar