KIA Bocorkan Mobil Baru Setelah Seltos Share this
Berita Mobil
Mode baca

KIA Bocorkan Mobil Baru Setelah Seltos

Insan Akbar
pada 03 Februari 2020

JAKARTA – KIA mulai memberikan sedikit bocoran informasi mengenai mobil baru selanjutnya di Indonesia. Sayangnya, informasi itu baru menyangkut waktu peluncurannya.

Kia memulai 2020 di Indonesia dengan meluncurkan Seltos pada 20 Januari. Sport utility vehicle (SUV) ini diterjunkan dalam tiga tipe dengan harga on-the-road Jakarta Rp 295 – 355 juta sehingga bersaing dengan medium SUV seperti Honda HR-V dan Wuling Almaz.

Ario Soerjo, Marketing and Development Division Head PT Kreta Indo Artha, menjelaskan bahwa ada model baru lagi tahun ini untuk Indonesia. Mereka akan memanfaatkan GIIAS 2020 yang akan berlangsung pada 7 – 17 Agustus di Serpong, Tangerang sebagai ajang peluncurannya.

Dari saat ini hingga GIIAS 2020 sendiri masih ada jeda cukup panjang yaitu sekitar enam bulan. Tidak dijelaskan apakah sebelum pameran otomotif itu Kia bakal menggelar peluncuran model baru lainnya juga atau tidak.

“Jadwalnya, sih, di GIIAS, ya,” ucapnya meladeni pertanyaan Otospirit.com di sela-sela Test Drive Seltos pada Jumat (31/1/2020) di Pantai Indah Kapuk, Jakarta.

Ario mengaku belum bisa memberi petunjuk mengenai modelnya. Ia juga sedikit berteka-teki jumlah model anyar yang meluncur di GIIAS 2020 bisa satu, bisa juga dua.

“Kalau dari jadwal, sih, enggak langsung tahun ini. Cuma, kami tidak tahu kalau nanti tiba-tiba dikasih kemudahan (oleh prinsipal) meluncurkan model-model lain. Kenapa enggak, kan,” pungkas dia.

Bisnis Kia di Indonesia sempat tenggelam setelah agen pemegang merek sebelumnya, PT. Kia Mobil Indonesia, kesulitan keuangan. Indomobil Group kemudian mengambil alih dan Kia kembali aktif di pasar Tanah Air pada kuartal keempat 2019.

Saat ini, Kia menjual lima model di jagad otomotif Nusantara. Selain model baru Seltos, ada pula city car Picanto, hatchback Rio, MPV Grand Sedona, maupun pikap kecil K-27.

Belum Tentu Ikut IIMS
Untuk sementara ini, Kia baru memastikan ikut GIIAS 2020. Padahal, di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ada dua pameran otomotif lain.

Satunya lagi adalah Indonesia International Motor Show (IIMS). Namun, Kia masih menimang-nimang untuk ikut serta di IIMS 2020 pada 9 – 19 April di JI Expo Kemayoran.

“Masih dipertimbangkan. Saya enggak bisa bilang kenapa,” tukasnya. [Xan/Ari]


Komentar