Kemudikan Honda Jazz Ini Tak Perlu Pakai Tangan Share this

Kemudikan Honda Jazz Ini Tak Perlu Pakai Tangan

Adi Hidayat
pada 21 January 2016

TOKYO – Honda sangat memperhatikan konsumen mereka, meski pelanggan yang memiliki keterbatasan (difabel). Untuk mereka, Honda mengenalkan Honda Jazz Hybrid dengan Franz System di Jepang.

Dengan Franz system maka orang-orang yang memiliki keterbatasan bisa mengemudikan mobil ramah lingkungan ini. Honda pun sengaja menempatkan sistem ini pada Honda Fit yang memiliki dimensi relatif kecil sehingga memiliki kemudahan dalam melakukan manuver.

Franz System sebenarnya bukanlah sistem baru. Sistem ini sudah ditemukan sejak tahun 1981. Honda kemudian menjual mobil dengan sistem ini pertama kali pada tahun 1982 dan langsung mendapat arahan dari Franz, sang penemu sistem ini.

Franz system memungkinkan pengendara yang memiliki kekurangan untuk mengendalikan mobil sendiri tanpa harus menyentuh setir. Caranya adalah dengan mengayuh pedal di sebelah kiri sementara kaki kanan digunakan untuk menekan pedal gas dan rem.

Nah, untuk membantu pengendara dalam pengereman, Honda pun menyediakan pedal rem untuk penumpang depan. Honda Fit Hybrid with Franz System akan mulai dijual pada pertengahan Maret 2016. [Adi/Idr]


Komentar