Kemenangan Rossi Berkat Pilihan Nekat Share this
MotoGP
Mode baca

Kemenangan Rossi Berkat Pilihan Nekat

Denny Basudewa
pada 27 Juni 2017

Foto: Kemenangan Rossi di sirkuit Assen, Belanda 2017

ASSEN – Valentino Rossi mengakui dirinya terbantu oleh pemilihan ban yang tepat sehingga dirinya mampu berkompetisi dengan baik.

Rossi memulai balapan dengan percaya diri di sirkuit Assen akhir pekan lalu. Tidak hanya karena start dari posisi empat, motor yang Ia gunakan dirasakan memiliki performa lebih baik dari sebelumnya.

Rossi berhasil memenangkan balapan ke-115-nya di MotoGP Assen 2017, Minggu (25/06/2017). Hal ini membuatnya menjadi pembalap paling tua yang memenangkan balapan di Assen. Dirinya juga menjadi satu-satunya pembalap yang telah berkarir selama 20 tahun dan 313 hari, di kejuaraan balap motor grand prix.

Kemenangan Rossi kali ini juga terbantu oleh sasis baru yang disematkan pada tunggangannya di Assen. Dengan frame baru, The Doctor menikmati setiap tikungan sirkuit dengan baik. Perangkat ini juga disebut-sebut cocok dengan gaya balap pembalap Movistar Yamaha tersebut.

“Untuk pertama kalinya saya merasa tidak nyaman dengan motor saat memasuki tikungan. Saya harus memaksakan diri setiap balapan. Dengan sasis baru saya hanya merasa semuanya menjadi mudah, bahkan ketika saya menggunakan ban kompon hard,” ujar Rossi.

Rossi sangat kompetitif menjalani balapan di Assen kali ini. Dirinya mampu tampil menyerang sejak awal balapan. Ia juga mampu menahan serangan demi serangan yang dilakukan oleh Danilo Petrucci. Hal ini diakui karena pemilihan ban yang tepat sehingga memberinya tambahan rasa percaya diri.

“Kami sangat beruntung karena pada hari jumat kami bisa membandingkan ban hard dan medium. Namun hasilnya memang berbeda-beda pada setiap motor saya pikir. Hal ini juga tergantung pada gaya membalap dan postur pembalap, tapi lebih banyak pada motornya. Pada motor kami, ban hard bekerja lebih baik daripada medium,” ujar Rossi seperti dikutip Crash. [Dew/Ikh]


Komentar