Ini Penyebab Kegagalan Rio Haryanto di F1 Inggris Share this
F1
Mode baca

Ini Penyebab Kegagalan Rio Haryanto di F1 Inggris

Adi Hidayat
pada 11 Juli 2016

Foto: Rio Haryanto menghadapi aquaplaning di Formula 1 Inggris 2016.

SILVERSTONE – Kedua pembalap Manor Racing, Rio Haryanto dan Pascal Wehrlein harus mengakhiri balapan lebih awal di GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu malam (10/7).

Keduanya mengalami aquaplaning dan mengakibatkan mobil mereka tergelincir. Bahkan, Pascal menjadi pembalap pertama di F1 Inggris 2016 yang keluar dari trek akibat mobilnya tergelincir. Ia keluar trek di lap keenam. Sementara Rio sedikit beruntung karena baru keluar di lap ke-26.

"Ya, tidak ada yang bisa saya lakukan lagi. Kami baru saja beralih ke ban intermediate, menyelesaikan satu lap dan kemudian saya tergelincir di atas genangan air menuju ke tikungan pertama dan kehilangan kendali. Saya ibarat menjadi seorang penumpang ketika itu terjadi,” ungkap Pascal.

Sementara itu Rio pun mengungkapkan hal serupa. Balapan yang dimulai dengan hujan deras kemudian berhenti sehingga menyebabkan trek menjadi kering lebih cepat.

"Di awal, trek sangat basah tapi ketika hujan berhenti ia mulai mengering di setiap lap berikutnya. Dalam jangka hanya 17 lap, dari ban basah kami berpindah ke ban kering. Itu adalah keputusan tepat saat itu, saya hanya menyentuh sedikit bagian trek yang masih basah," ungkapnya.

Sementara itu, Dave Ryan, Racing Director Manor Racing juga mengungkapkan kekecewaannya.

“Genangan air memaksa kedua pembalap kami keluar - Pascal saat beralih dari ban basah ke ban intermediate dan Rio ketika Ia beralih ke ban kering. Ini adalah kondisi sulit untuk dikelola pada saat yang sama berusaha memaksimalkan potensi lomba dan menjaga laju dengan mobil-mobil di depan. Sebuah hasil mengecewakan untuk menyelesaikan lomba di kampung halaman kami,” pungkasnya.

Dalam F1 Inggris 2016 ini, Lewis Hamilton dari Hamilton berhasil menjadi pemenang. Posisi kedua diraih oleh rekan satu timnya sekaligus pemimpin klasmen sementara, Nico Rosberg. Kemenangan ini membuat keduanya hanya berjarak 4 pion.

Sementara posisi ketiga berhasil diraih oleh Max Verstappen dari Red Bull Racing. Ia hanya lebih lambat 1,3 detik dibanding Rosberg. Posisi keempat direbut rekan satu timnya, Daniel Ricciardo dan posisi kelima diisi Kimi Raikkonen dari Ferrari. [Adi/Ikh]


Komentar