Kecurian, Pabrik Jaguar Land Rover Rugi Rp 49,7 miliar Share this
Berita Mobil
Mode baca

Kecurian, Pabrik Jaguar Land Rover Rugi Rp 49,7 miliar

Denny Basudewa
pada 07 Februari 2017

Foto: Pabrik JLR di Sohilull

SOHILULL – Kumpulan pencuri berhasil membobol pabrik mesin Jaguar Land Rover di Sohilull. Akibat kejadian tersebut mereka mengalami kerugian hingga Rp 49,7 miliar.

Pekan lalu, pabrik Jaguar Land Lover yang terletak di kota Sohilull, Inggris kedatangan tamu tidak diundang. Komplotan tersebut terlihat mengendarai sebuah truk untuk mengambil tidak hanya satu, namun satu trailer penuh dengan mesin.

Menurut media setempat, gerombolan pencuri tersebut dengan mudahnya masuk area pabrik, mengambil puluhan mesin kemudian berlalu keluar pabrik kurang dari enam menit. Truk yang digunakan sendiri dikabarkan merupakan hasil curian, namun mereka memalsukan dokumen untuk bisa masuk pabrik.

Pabrik Jaguar Land Rover sendiri terletak tidak jauh dari Birmingham, Inggris. Mereka memperkerjakan lebih dari 10 ribu karyawan. Tempat ini diklaim menggunakan alat-alat produksi kendaraan paling canggih di dunia.

Dengan nilai investasi sekitar Rp 24,9 triliun, wajar Lode Lane disebut-sebut sebagai pabrik manufaktur yang dilengkapi fasilitas terbaik di dunia. Kapasitas pembuatan bodi dan perakitan sendiri luasnya mencapai 22 lapangan bola.

Dengan adanya tindak pencurian tersebut, Jaguar Land Rover dikabarkan mengalami kerugian hingga Rp 49,7 miliar. Di pabrik ini model seperti Range Rover, Range Rover Sport, Land Rover Discovery, Jaguar F-Pace, dan Jaguar XE lahir.

Pabrik tersebut hanya berjarak satu jam dari Milton Keynes. Hal ini berkaitan dengan markas Red Bull Racing yang pada masa lalu sempat mengalami pencurian beberapa tropi koleksi mereka. Kejadian ini bisa jadi sebuah kebetulan semata, namun bisa juga memang pelaku yang sama dengan peristiwa dua tahun silam.

Pihak Jaguar Land Rover sendiri menawarkan imbalan bagi siapapun yang memiliki informasi tentang pencurian mesin tersebut. Hingga saat ini pihak berwajib masih mendalami kasus pencurian mesin di pabrik Jaguar Land Rover. [Dew/Ikh]


Komentar