Kecepatan Kawasaki Ninja H2R Tembus 400 Kpj Share this
Berita Motor
Mode baca

Kecepatan Kawasaki Ninja H2R Tembus 400 Kpj

Syubhan Akib
pada 02 Juli 2016

Foto: Kawasaki Ninja H2R menorehkan kecepatan baru.

ISTAMBUL  - Kawasaki Ninja H2R langsung memikat penggila motor sport dengan kecepatannya saat pertama kali dikenalkan. Menggunakan mesin 4 silinder berkapasitas 998cc, Kawasaki Ninja H2R yang sudah dilengkapi dengan supercharged ini mampu memberikan kekuatan puncak 300 hp.

Awalnya, klaim Kawasaki bahwa Ninja H2R memiliki kecepatan tertinggi 380 kmph. Tapi tidak ada yang pernah benar-benar mencapai kecepatan tersebut. Karena itulah, sebuah pengetesan pun dilakukan.

Kecepatan tertinggi yang sebelumnya dicatat oleh Ninja H2R adalah 348,2 kpj pada tahun lalu. Hanya butuh lintasan 1,6 km untuk mencapai angka tersebut.

Namun seorang pembalap asal Turki bernama Kenan Sofuoglu baru saja membuktikan kemampuan Kawasaki Ninja H2R. Hasilnya, kecepatan 400 kpj bisa dicapainya. Untuk pengetesan ini, Kenan berlatih keras selama 4 bulan sementara timnya mencari jalan sempurna agar Kenan bisa mencapai kecepatan puncak.

Setelah beberapa minggu mencari, tim akhirnya menemukan jalan sempurna. Sekitar 50 km jauhnya dari Istanbul ada jembatan baru di Teluk Izmit. Di tempat inilah pengetesan dilakukan.

Targetnya, selain mencapai kecepatan tertinggi, Kenan juga harus mencapainya di bawah 30 detik.

Kenan-Sofuoglu-Kawasaki-Ninja-H2R

"Saya berhasil mencapai 400 kpj, kecepatan maksimum yang motor ini bisa capai, setelah 4 bulan panjang latihan," ucap superstar WorldSSP ini. Sejarah baru pun terukir.

"Saya tidak ingat di mana saya mendapat ide ini, tapi ketika pada 2016 saya menandatangani perjanjian dengan Kawasaki, saya suka dan sangat ingin memiliki motor ini. Ketika saya bertanya tentang motor ini, Kawasaki mengatakan kecepatan maksimumnya adalah 380 kpj, dan bermimpi untuk mencapai 400 kpj,” papar Kenan.

“Pertama kali saya menaikinya, saya merasakan kekuatan besar dan kecepatan, dan saya membuat pengubahan kecil di motor, menjaga seting aslinya dan tidak memodifikasinya.”

Kecepatan yang ditunjukkan oleh Kawasaki Ninja H2R ini menurutnya lebih kencang dari motor balap resmi. Dia mengaku rata-rata hanya membalap dengan kecepatan 300 kpj, sehingga 400 kpj adalah kecepatan yang sangat tinggi.  [Syu/Ikh]


Komentar