Kawasaki Eropa Luncurkan Z900 untuk Pemula Share this
Motor Baru
Mode baca

Kawasaki Eropa Luncurkan Z900 untuk Pemula

Denny Basudewa
pada 18 September 2017

Foto: Kawasaki Z900

HOOFDDORP -  Kawasaki meluncurkan Z900 untuk pengguna sepedamotor pemula di pasar Eropa.

Kawasaki meluncurkan motor gede (moge) untuk pemilik Surat Ijin Mengemudi (SIM) A2. Di Eropa, anak muda berumur 19 tahun wajib mengantungi SIM A2, untuk mengendarai motor berkapasitas minimal 395 cc.

Atas dasar itulah Kawasaki meluncurkan Z900 yang diperuntukkan anak muda pemilik SIM A2. Sepedamotor jenis sport naked tersebut, mengadopsi tenaga mesin yang lebih kecil jika dibandingkan pendahulunya.

Kuda besi ini pertama kali diluncurkan pada pameran otomotif khusus roda dua EICMA 2016. Sejatinya moge buatan Jepang tersebut mampu menyemburkan tenaga sebesar 123 hp dan torsi sebesar 98,6 Nm pada 7.500 rpm.

Motor yang dikembangkan dari Z1000 dan Ninja ZX-9R tersebut menggendong mesin 4-silinder berkapasitas 948 cc. Hadirnya Z900 juga sekaligus menyuntik mati model Z800 yang telah dipasarkan lebih dulu. Tenaga yang berlimpah juga dihasilkan berkat penggunaan material motor berbahan ringan.

Guna menjangkau konsumen anak muda pemilik SIM A2, pabrikan motor yang identik dengan warna hijau tersebut, menawarkan Z900 baru dengan semburan tenaga lebih jinak. Jika dibandingkan edisi sebelumnya, naked bike ini diklaim mengalami pengurangan tenaga hingga 46 hp.

Mereka ‘menyunat’ suplai tenaga Z900 melalui ECU. Penurunan tenaga motor dilakukan oleh dealer sebelum dikirim kepada konsumen. Hal ini dilakukan guna memenuhi syarat dari pemilik SIM A2 di Eropa yang terbilang cukup ribet.

Disebutkan bahwa Kawasaki Z900 untuk kawula muda ini memiliki semburan tenaga sebesar 93 hp. Produk terbaru ini hanya memiliki perbedaan pada bagian mesin. Selain itu, tampilan fisik kendaraan tetap sama dengan model sebelumnya.

Produk yang ditawarkan Kawasaki ini cukup riskan. Karena pembatasan tenaga mesin dilakukan melalui setting ECU. Kendaraan tersebut dapat mendapatkan tenaga aslinya dengan membobol setting sistem elektronik. [Dew/Ikh]


Komentar