SUV Buatan China ini Paling Mahal di Dunia Share this
Mobil Baru
Mode baca

SUV Buatan China ini Paling Mahal di Dunia

Denny Basudewa
pada 22 Maret 2018

Foto: Karlmann King SUV Termahal di Dunia

BEIJING  - Karlmann King mulai dijual dengan harga Rp 27 miliar, membuatnya menjadi SUV paling mahal di dunia.

SUV dikenal sebagai kendaraan yang serba bisa dalam hal menempuh berbagai medan jalan. Mobil jenis ini juga sangat praktis untuk membawa barang bawaan. Satu yang paling penting adalah, SUV pada umumnya dibekali mesin bertenaga.

Kian maraknya pasar SUV di dunia, membuat banyak manufaktur kendaraan tertarik untuk bermain di dalamnya. Tidak terkecuali dengan pabrikan mobil mewah seperti Rolls Royce Cullinan, Lamborghini Urus dan lainnya.

SUV yang dibuat oleh merek mobil mewah di atas menambahkan unsur kemewahan. Keahlian mereka dalam membuat mobil mewah dan kencang menjadi salah satu daya tarik. Harga yang ditawarkan untuk SUV mewah tersebut bisa dibilang selangit.

Kemudian muncul dari antah berantah, sebuah SUV yang memiliki banderol lebih mahal dari semua pabrikan terkenal di seluruh dunia. Sebuah SUV produksi IAT Auto yang berasal dari China, merupakan dalang dari terciptanya mobil bernama Karlmann King.

Karlmann King SUV versi paling standar dipasarkan dengan harga Rp 27 miliar. Jika konsumen berminat untuk melakukan personalisasi lebih jauh (bespoke), harga mobil tersebut bisa dipatok jauh lebih mahal.

Karlmann King pertama kali hadir di Beijing Motor Show dua tahun silam. SUV super mahal menggunakan bahasa desain yang aneh pada bagian eksterior maupun interior. Namun berbagai teknologi yang memberikan kemewahan dan kenyamanan dalam berkendara, bisa dibilang yang terbaik di kelasnya.

Bagian eksteriornya terlihat sangat kaku dengan sudut-sudut yang tidak lazim. Sepintas Karlmann King terlihat layaknya mobil superhero yang bentuknya jauh dari mobil pada umumnya. SUV buatan negeri Tirai Bambu ini memiliki panjang total 6 meter, lebar 2,5 meter dengan berat mencapai  6 ton.

Mesinnya menggunakan Ford F-550 yang cukup populer di China. Jantung pacu tersebut mengunakan konfigurasi V10 dengan kapasitas 6.8-Liter yang dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 400 hp.

Namun dengan bobot mencapai 6 ton, nampaknya mobil tersebut tidaklah terlalu sangar. Dikatakan bahwa Karlmann King hanya mampu dibejek hingga maksimal 140 km/jam. Menurut beberapa sumber, SUV gambot tersebut tersedia dalam beberapa varian seperti salah satunya versi enam pintu. [Dew/Ari]

Lebih lanjut di Otospirit
SUV Buatan China ini Paling Mahal di Dunia


Komentar