Kapan Acura Masuk Indonesia? Share this
Berita Mobil
Mode baca

Kapan Acura Masuk Indonesia?

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 26 Mei 2016

Foto: Acura akan bersaing dengan Lexus dan Infiniti di Indonesia.

BANDUNG - Acura adalah merek mobil mewah Honda yang dikenalkan untuk pasar Amerika dan China pada tahun 1986. Tapi selama bertahun-tahun merek mobil Acura tidak masuk Indonesia.

Tidak seperti Toyota dengan Lexus-nya dan Nissan dengan Infiniti-nya yang telah masuk meramaikan segmen mobil premium Indonesia.

Menanggapi hal ini, Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen pemegang merek (APM) mobil Honda di Indonesia bukan tidak tertarik memasarkan merek tersebut.

Menurutnya cukup mudah menjual Acura di Indonesia setelah kesuksesannya di berbagai negara. Namun kendala utama, seperti dijelaskan Jonfis adalah ketersediaan posisi setir kanan.

Acura masih banyak menggunakan setir kiri, sedangkan Indonesia umumnya menggunakan setir kanan. Dalam beberapa waktu ke depan mungkin merek Acura mendapat lampu hijau untuk masuk Indonesia jika telah tersedia setir kanan.

"Masalahnya cuma tersedia setir kiri. Dan bukan tidak mungkin merek Acura masuk Indonesia. Acura adalah mobil yang sangat bagus, penuh performa dan menyasar pada konsumen kelas atas," kata Jonfis.

Dengan hadirnya Acura di Indonesia adalah strategi ampuh dalam meningkatkan penjualan segmen premium Honda di Indonesia, dan akan bersaing dengan merek Lexus dan Infiniti. Ia menyakini banyak masyarakat Indonesia tertarik dengan merek Acura.

Sebagai merek premium mobil di dunia, Acura sangat agresif mengenalkan produk-produk terbaru, terakhir Acura mengenalkan CDX untuk pertama kalinya di dunia melalui pameran otomotif bergengsi Beijing Motor Show pada 25 April – 4 Mei 2016.

Menariknya, Acura CDX menggunakan platform Honda HR-V, namun dengan kualitas setara mobil-mobil Acura lain. Dengan banyak keluar mobil-mobi baru Acura, plus tersedia setir kanan lantas tidak membuat HPM gegabah menjualnya di Tanah Air.

"Perlu studi terlebih dahulu. Jangan sampai kita umumkan mulai kehadiran Acura di Indonesia, tapi setelahnya merek tersebut tutup. Sangat tidak bagus," ucap Jonfis.

Tomoki Uchida, Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor (HPM) senada dengan Jonfis. Tomoki mengatakan besar kemungkinan merek Acura masuk Indonesia dan bersaing dengan Lexus dan Infiniti. Ia pun berharap bisa melihat Acura di jalanan Indonesia. "Suatu kemungkinan Acura hadir di Indonesia. Tapi saya belum tahu kapan waktunya," tutup Tomoki. [Ikh/Idr]


Komentar