Kap Mesin Ada Lapisan Perekat untuk Pejalan Kaki Share this

Kap Mesin Ada Lapisan Perekat untuk Pejalan Kaki

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 22 Mei 2016

Foto: Teknologi ini akan digunakan pada mobil otonom Google di masa depan.

CALIFORNIA - Google menilai teknologi mobil yang dirancang saat ini hanya untuk memenuhi standar tes kecelakaan, namun tidak selamatkan pejalan kaki. Mobil-mobil masih membahayakan pejalan kaki.

Karena itu perusahaan raksasa teknologi asal Amerika Serikat menawarkan solusi menarik yaitu merancang kap mesin cerdas yang tidak membahayakan pejalan kaki ketika tertabrak.

Seperti apa cara kerja kap mesin ini? pastinya cukup unik.

Google menambah lapisan perekat di sisi bagian depan, samping, kap mesin, dan bumper depan. Lapisan itu akan keluar otomatis begitu sensor membaca mobil menabrak pejalan kaki.

Lapisan tersebut berfungsi merekatkan tubuh pejalan kaki ke body mobil sehingga korban tidak akan terempas ke jalanan dan dihantam kendaraan lain. Menurut Google, parahnya korban kecelakaan tidak hanya tertabrak, tapi penyebab lain terhempas dan dihantam kendaraan lain.

Dengan adanya teknologi ini, body korban akan menempel pada body mobil. Pengendara mobil yang tahu dan segera menghentikan mobil untuk membantu korban yang menempel di body kendaraan.

Google telah mengajukan paten teknologi barunya tersebut di US Patent Office. Menurut rencana, teknologi ini akan digunakan pada mobil otonom Google di masa depan. [Ikh/Idr]


Komentar