Jokowi Siap Resmikan 2 Tol Baru Pekan Ini Share this
Berita Mobil
Mode baca

Jokowi Siap Resmikan 2 Tol Baru Pekan Ini

Denny Basudewa
pada 10 December 2019

Foto: Tol Baru

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana  meresmikan 2 tol baru pada pekan ke-2 Desember 2019.

Hal ini dilakukan guna menyambut libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. PUPR menyatakan bahwa pihaknya lebih siap dalam menghadapi momen liburan Natal dan Tahun Baru dibandingkan tahun sebelumnya.

Dikatakan jalan ruas jalan tol dan jalan nasional di Pulau Jawa dan Sumatera terus bertambah. Selain itu kondisi secara keseluruhannya dalam kondisi mantap.

“Jalan Tol Trans Jawa yang operasional untuk Perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 sepanjang 1.002 km, termasuk Jakarta – Cikampek Elevated 36 km yang rencananya akan diresmikan dan dioperasikan pada minggu ke-2 Desember 2019,” kata Basuki Hadimuljono, Menteri PUPR pada laman resminya.

Jalan Tol Trans Jawa dilengkapi dengan tempat istirahat dan Pelayanan (TIP)/rest area sebanyak 85 rest area dengan rincian 43 rest area TIP A, 24 TIP B, dan 18 TIP C.

Ditambahkan, selain ruas Jalan Tol Trans Jawa, juga akan segera dioperasikan Jalan Tol Non-Trans Jawa Ruas Kunciran – Serpong sepanjang 11 km. Rencananya ruas tol ini akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada minggu ke-2 Desember 2019. Untuk di Pulau Jawa, seluruh ruas jalan nasional juga sudah siap untuk dikelola lalu lintasnya oleh Korlantas Polri.

"Di Lintas Utara Jawa, jalan nasional sepanjang 1.341 km dalam kondisi mantap 97%, dan Lintas Tengah Jawa sepanjang 1.197 km dalam kondisi mantap 93%, sedangkan Lintas Selatan sepanjang 888 km mantap 98 persen dan Pantai Selatan Jawa sudah terhubung 1.267 km dari total 1.647 km dengan kondisi mantap 83%,” kata Basuki.

Di Pulau Sumatera, Basuki mengatakan total panjang ruas jalan tol yang siap digunakan untuk mudik sepanjang 511,5 km, dengan ruas yang sudah operasional sepanjang 469 km dan sisanya fungsional sepanjang 42,5 km. Ruas yang sudah operasional tersebut yakni Bakauheni – Terbanggi Besar-Kayu Agung 329 km, Palembang – Indralaya 22 km, Medan – Binjai 13 km, Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi 62 km dan Belawan - Medan - Tanjung Morawa 43 km.

Sedangkan untuk yang masih fungsional adalah Tol Kayu Agung – Palembang – Betung Seksi 1 (Kayu Agung – Palembang exit di Jakabaring), sepanjang 33 km dan Pekanbaru – Dumai Seksi 1 (Pekanbaru – Minas) sepanjang 9,5 km. Pemanfaatan tol fungsional Trans Sumatera sepenuhnya nanti akan berada dibawah kendali Korlantas Polri. Di Jalan Tol Trans Sumatera tersedia 31 rest area di ruas yang operasional, sementara untuk Tol fungsional disiapkan Tempat Istirahat Sementara (TIS). [Dew/Idr]


Komentar