Jokowi Resmikan Pabrik Baru Mitsubishi di Bekasi Share this
Berita Mobil
Mode baca

Jokowi Resmikan Pabrik Baru Mitsubishi di Bekasi

Denny Basudewa
pada 25 April 2017

Foto: Presiden Jokowi

CIKARANG – Hari ini (25/04/2017), Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik baru PT Mitsubihsi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI), di Greenland International Indutrial Center (GIIC) Deltamas, Cikarang Utama, Bekasi, Jawa Barat.

Fasilitas baru milik MMKI ini sejatinya akan memproduksi tiga model kendaraan seperti Pajero Sport, XM Concept dan Colt L300. Ketiga model tersebut diharapkan akan menjadi tulang punggung penjualan Mitsubishi di Tanah Air.

Adapun pabrik ini dibangun di atas tanah seluas 30 hektar dan memakan biaya investasi sebesar Rp 7,5 triliun. Fasilitas baru MMKI ini mampu menyerap tenaga kerja sekitar 3.000 tenaga kerja, dengan kapasitas produksi hingga 160 ribu unit setiap tahunnya dan masih bisa ditingkatkan lagi menjadi 240 ribu.

"Saya selalu mengatakan bahwa investasi itu penting. Oleh karena itu, investor janganlah dipersulit, agar ekonomi kita bergerak. Agar pertumbuhan ekonomi terus ada di negeri kita ini. Dan Sumber Daya Manusia (SDM) kita bisa mendapatkan pekerjaan," ungkap Jokowi di sela-sela peresmian pabrik Mitsubishi.

Pabrik ini dilengkapi dengan fasilitas full automatic press line, 53 robot untuk melakukan pengelasan dan spray painting. Teknologi tersebut diklaim merupakan sistem paling baru dalam manufaktur kendaraan roda empat di Indonesia.

Peresmian pabrik baru MMKI ini menunjukkan komitmen mereka dalam mengembangkan industri otomotif khususnya di Tanah Air. Hal inilah yang membuat Presiden Republik Indonesia tersebut optimis bahwa pasar otomotif akan terus berkembang. Selain itu ivestor juga akan semakin tertarik untuk berinvestasi di Tanah Air.

"Indonesia sekarang makin kompetitif untuk industri otomotif. Tadi disampaikan oleh Carlos Ghosn (Chairman of board Mitsubishi Motors Corporation) bahwa pertumbuhan industri otomotif di Indonesia tumbuh rata-rata 10 persen lebih setiap tahunnya. Artinya, dengan pasar yang besar saya meyakini akan lebih banyak lagi investasi di bidang otomotif. Dan dengan semakin banyaknya investasi makin banyak lapangan kerja tersedia," lanjutnya kemudian.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menghimbau setiap produsen otomotif untuk tetap memikirkan ekspor. Hal ini dianggap penting karena dapat memaksimalkan potensi berkembangnya industri otomotif di dalam negeri.

Saat ini pabrik baru MMKI baru memproduksi all-new Pajero Sport dan akan menjadi tipe paling tinggi. Hal tersebut berimbas dengan harga penjualan yang lebih mahal jika dibandingkan dengan unit yang diimpor dari Thailand.

Bagian paling menarik dari pabrik baru MMKI ini adalah XM Concept. Kendaraan pertama Mitsubishi di segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) sejatinya akan diluncurkan di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. [Dew/Ikh]


Komentar