Jokowi: Indonesia Siap Gelar MotoGP 2021 Share this
MotoGP
Mode baca

Jokowi: Indonesia Siap Gelar MotoGP 2021

Ary Dwinoviansyah
pada 11 Maret 2019

BOGOR - Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia, menyatakan kepada Dorna Sports bahwa Indonesia siap menggelar MotoGP pada 2021 mendatang.

Kepastian mengenai hal tersebut kembali diperkuat Jokowi saat menerima kunjungan Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna Sports di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin Sore (11/3). Pada kesempatan yang juga dihadiri oleh Abdulbar M. Mansoer, Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan pihak dari PT Astra Honda Motor (AHM) tersebut, Ia coba meyakinkan Ezpeleta terkait infrastruktur ke Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), yang dicanangkan menjadi lokasi balapan. 

"Saya sampaikan bahwa kita siap dan harus optimis," kata Jokowi melalui pemberitaan di situs setkab.go.id

Jokowi optimis Indonesia bisa menjadi tuan rumah MotoGP pada 2021 mendatang. Keyakinannya juga didukung oleh penandatangan kerja sama antara ITDC dan Dorna terkait penyelenggaraan MotoGP Indonesia 2021. Ia yakin Indonesia bisa mewujudkannya, apalagi jika berkaca dari Asian Games 2018 di mana Indonesia sanggup menggelar hajatan olahraga akbar yang melibatkan 35 negara. 

Presiden Jokowi juga menegaskan bahwa kesiapan Indonesia sudah rampung. Sekaligus pula memberitahukan kepada Dorna Sports bahwa pemerintah siap berinvestasi di Mandalika untuk mendapatkan hak sebagai penyelenggara MotoGP.

Sirkuit Mandalika sendiri disebut bakal punya desain unik dengan pemandangan indah berlatar belakang pantai. Menurut Jokowi, hal ini menjadi satu nilai tambah bagi pengunjung nantinya. 

"Pantainya indah dan sirkuitnya itu mepet dengan pantai. Ini berarti kita akan dapat dua kemanfaatan. Selain olahraga, pariwisata juga secara brand akan terangkat dan Mandalika mendapatkan manfaat karena investasi ini," tutup Jokowi. [Ary/Idr] 
 


Komentar