Jokowi akan Lepas Uji Coba Motor Listrik Gesits Jakarta-Bali Share this
Berita Motor
Mode baca

Jokowi akan Lepas Uji Coba Motor Listrik Gesits Jakarta-Bali

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 28 Oktober 2016

Foto: Uji Coba Motor Listrik Gesits Jakarta-Bali

JAKARTA - Gesits, motor listrik hasil pengembangan antara Garansindo dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) akan diuji coba Jakarta-Bali pada 7-13 November 2016 bertepatan dengan Dies Natalis ITS. Menurut rencana pengetesan motor ramah lingkungan Gesits akan dilepas oleh Presiden Joko Widodo.

Demikian dikatakan oleh Menristekdikti, M Nasir saat mengunjungi Laboratorium Mobil Listrik Nasional (Molina) ITS, Kamis (27/10/2016).

"Kami memohon nanti pada saat uji coba dari Jakarta menuju Bali saya mohon Bapak Presiden (Jokowi) bisa melepas," kata M Nasir dalam video akun Facebook CEO Garansindo Muhammad Al Abdullah.

Nasir berharap sepedamotor listrik Gesits bisa memenuhi kebutuhan aktivitas sehari-hari masyarakat Indonesia.

"Saya harapkan akan menjadi industri yang bisa dimanfaatkan masyarakat. Nanti kalau ini bisa berproduksi dengan harga yang sangat kompetitif maka akan bersaing dengan motor yang menggunakan bahan bakar bensin, itu di samping tidak ramah lingkungan. Yang kami harapan (motor) ramah lingkungan," ucap Nasir.

Menurut Nasir, menggunakan motor listrik mampu menekan penyebaran polusi udara di Indonesia khusus kota besar DKI Jakarta. Ia pun menyarankan agar segera memproduksi motor listrik Gesits di Indonesia.

"Harapan kami motor ini bisa diproduksi di Indonesia, khususnya pada kota-kota besar (penggunaan). (Gesits) ini potensial sekali," ucap Nasir menyakini.

Sejumlah masyarakat Indonesia menanti motor listrik yang mumpuni digunakan sehari-sehari dan tanpa kendala ketika digunakan dalam waktu lama. Melihat kondisi perkembangan Gesits, ITS dan Garansindo menjaminnya.

ITS dan Garansindo pun memutuskan untuk mempercepat produksi dan penjualan motor listrik Gesits di Tanah Air. Produksi Gesits maju pada awal 2017 dan mulai dipasarkan pertengahan 2017 yang sebelumnya rencana penjualan di 2018. Tahap awal produksi Gesits di angka 100.000 unit per tahun dan akan terus berkembang sesuai permintaan pasar.

PT GIG sempat menguji motor listrik Gesits sebelum diproduksi massal. Kemampuan Gesits menyamai skutik buatan Honda yakni Vario 125. Tampak pada hasil akhir tayangan, motor listrik ini memiliki tenaga maksimal sebesar 8,2 kw atau setara dengan 11 hp.

Kecepatan maksimum yang dihasilkan skuter listrik ini juga tidak main-main. Di atas mesin Dyno Test, motor ini mampu menorehkan kecepatan maksimal sebesar 99 kpj. Walhasil hal ini membuat sumringah pria yang akrab disapa Memet tersebut. [Ikh/Ikh]


Komentar