Johann Zarco Ikuti Jejak Rossi di MotoGP 2018 Share this
MotoGP
Mode baca

Johann Zarco Ikuti Jejak Rossi di MotoGP 2018

Denny Basudewa
pada 01 Februari 2018

Foto: Johann Zarco di sesi tes pramusim

SEPANG – Johann Zarco mengikuti jejak seniornya di dunia balap MotoGP yakni Valentino Rossi, dengan menggunakan sasis 2016.

Pembalap asal Perancis tersebut baru saja mengkonfirmasi, bahwa dirinya akan kembali menggunakan rangka 2016. Dipadukan dengan mesin terbaru dari Yamaha, pembalap tim Tech3 ini menjadi yang tercepat kesembilan, pada sesi tes pramusim perdana di Sepang, Malaysia.

Zarco mencoba beberapa komponen baru yang dipadukan dengan edisi tahun lalu. Ketika menggunakan sasis musim 2017, pria kelahiran 26 tahun silam tersebut menorehkan catatan waktu yang mirip dengan pembalap pabrikan Yamaha.

Sementara saat dirinya mencoba sasis 2016 yang pernah digunakan Jorge Lorenzo, Ia merasa mampu tampil lebih cepat dari sebelumnya. Hasil ini tentunya membuatnya lebih bahagia, terlebih pada sesi tes kali ini tidak mengalami kecelakaan sama sekali.

“Saya memutuskan untuk menggunakan motor tahun lalu untuk menggali informasi dan memahami karakter motor. Saya mencatat waktu 1 menit 59.5 detik, tapi ini tidak cukup baik. Kemudian saya coba menggunakan motor yang pernah digunakan Lorenzo dua tahun silam. Kemudian saya merasa bisa tampil lebih cepat,” kata Zarco.

Menurutnya hasil kali ini sangat penting, untuk meningkatkan rasa percaya diri untuk mempresiapkan diri jelang musim 2018. Dikatakan dengan menggunakan motor yang lebih baik, bisa menghemat tenaga secara konstan.

Apa yang dilakukan Zarco, mirip dengan Valentino Rossi. Pembalap berjuluk The Doctor tersebut merasa lebih nyaman, ketika menggunakan rangka 2016. Sasis musim lalu dianggap sangat kaku dan membuat pembalap susah beradaptasi. [Dew/Ari]


Komentar