Jeruk Bali Dikembangkan Jadi Pelindung Kepala Share this

Jeruk Bali Dikembangkan Jadi Pelindung Kepala

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 05 July 2017

Foto: Prototype helm berteknologi BISS

SOUTH CAROLINA - BMW akan mengembangkan pelindung tubuh berbahan alami bagi karyawan di pabrik Spartanburg.

Pabrik baru BMW yang berada di Spartanburg ini akan mulai beraktivitas pada 2018 hingga 2021. Pabrik ini akan menjadi basis produksi kendaraan BMW terbesar dan akan menyerap tenaga kerja lebih dari 9.000 orang.

Pabrik baru ini sedang dalam tahap pengembangan dengan total investasi hingga US$ 1 miliar. Rancananya, pabrik baru ini akan memproduksi seluruh line-up model X.

Peranan pabrik ini diyakini sangat besar bagi proses penjualan BMW di dunia. Oleh karena itu, BMW ingin menjamin keselamatan karyawan yang bekerja di pabrik Spartanburg sehingga mampu memenuhi kebutuhan konsumen dunia.

BMW akan menggunakan teknologi Bio-Inspired Safety System (BISS) dalam proses pembuatan pelindung tubuh guna menjamin keselamatan karyawan. Sebelumnya, teknologi ini telah digunakan oleh Adidas dan 6 perusahaan lain dalam membuat produk baru selama 3 tahun belakangan ini.

Beberapa universitas di Jerman juga telah mengaplikasikan teknologi BISS ini dalam kegiatannya. BISS terinspirasi dari kemampuan buah Pomelo (di Indonesia dinamai Jeruk Bali) yang merupakan salah satu keluarga buah jeruk.

Buah Pomelo ini sangat unik karena memiliki kulit sangat kuat. Meski jatuh dari tempat sangat tinggi, buah ini tidak akan pecah dan kondisi bagian dalam buah masih sangat baik.

Selain itu, BMW juga melakukan penelitian terhadap kulit ikan dan berbagai kulit reptil untuk membuat pelindung tubuh. Riset dan teknologi tersebut telah menghasilkan beberapa prototype, salah satunya helm.

Helm BISS ini lebih ringan 20 persen, lebih kuat dan stabil jika dibandingkan dengan bahan-bahan lainnya yang telah digunakan dalam produksi helm. BMW juga meyakini teknologi ini dapat diaplikasikan untuk memproduksi sarung tangan dan berbagai pelindung tubuh.

pelindung tubuh

Pelindung tubuh dengan teknologi BISS ini diyakini mampu mengurangi risiko cedera dari benda-benda tajam ketika melakukan proses produksi kendaraan. Ternyata tidak hanya BMW saja yang serius dalam mengembangkan pelindung tubuh dengan teknologi ini.

Beberapa produsen perlengkapan olahraga juga menilai teknologi ini sangat menguntungkan bagi keselamatan konsumen terlebih penyuka olahraga ski dan sepeda. [Amo/Ikh]


Komentar