Kursi Button Tahun Depan Digeser Vandoorne Share this
F1
Mode baca

Kursi Button Tahun Depan Digeser Vandoorne

Denny Basudewa
pada 04 September 2016

Foto: Jenson Button digantikan oleh Stoffel Vandoorne musim depan

MONZA – Kursi Jenson Button di tim McLaren-Honda F1 pada 2017 akan digantikan oleh Stoffel Vandoorne.

Musim depan, Vandoorne akan berpasangan dengan Fernando Alonso. Sementara Button baru saja menandatangani kontrak baru selama dua tahun. Bukan sebagai pembalap. Pembalap Inggris tersebut akan memulai peran baru di McLaren.

Keputusan ini mematahkan isu yang menyebut Button akan hijrah ke Williams menggantikan Felipe Massa. Seperti telah diberitakan sebelumnya, musim ini merupakan yang terakhir bagi pembalap Brazil tersebut berkarir di F1.

McLaren mengonfirmasi bahwa Ia tetap dalam bagian tim hingga akhir 2018. Tim yang bermarkas di Inggris tersebut mengungkapkan, mereka mungkin saja turun dengan formasi tiga pembalap sekaligus.

Musim balap F1 2017, juara dunia pada 2009 tersebut akan bertugas sebagai pembalap yang mengembangkan kendaraan, sekaligus duta tim. Pria berumur 36 tahun ini juga diharapkan sebagai pembalap cadangan.

“Pembalap McLaren-Honda musim depan adalah Fernando dan Stoffel. Ini adalah perpaduan yang sempurna dan memilki potensi besar. Sementara Button akan tetap menjadi anggota senior yang mampu memberikan pengaruh, dan terlibat dalam pengembangan tim,” ujar Ron Dennis, CEO McLaren.

Sebagai pembalap yang telah berpengalaman, saran Button sangat dibutuhkan bagi Vandoorne. Terjun di balapan F1 bukanlah hal baru bagi Vandoorne, terlebih mantan pembalap GP2 tersebut pernah menggantikan posisi Alonso di F1 GP Bahrain 2016.

Pembalap berkebangsaan Belgia ini juga merupakan juara dunia GP2 musim lalu. Vandoorne sendiri pernah menjadi saingan berat bagi pembalap Indonesia Rio Haryanto. Selain menjadi pembalap cadangan McLaren musim ini, Ia juga berlaga di Super Formula dengan sekali menginjakkan kakinya di podium.

Tim McLaren-Honda sendiri musim ini mengalami peningkatan cukup berarti. Di bawah asuhan Ron Dennis, Alonso dan Button acapkali finish di posisi sepuluh besar. [Dew/Ikh]


Komentar