Jeep, dari Perang sampai Era Modern Share this
Berita Mobil
Mode baca

Jeep, dari Perang sampai Era Modern

Muhammad Ikhsan
pada 13 Mei 2016

Foto: Kendaraan Jeep sudah sangat melegenda di dunia

TOLEDO - Kendaraan Jeep asal Amerika Serikat sudah menjadi legenda, tidak hanya hanyu kuat namun kini sudah menjadi kendaraan transportasi yang digunakan di perkotaan. Awalnya Jeep adalah kendaraan untuk para tentara lebih dari 50 tahun.

Jeep berevolusi hingga sekarang seperti Cherokee dan Grand Cherokee. Nah, sejarah Jeep bisa dirasakan melalui sembilan model kendaraan, yang memungkinkan sudah menjadi inspirasi pabrikan mobil global dalam membuat kendaraan SUV. Bahkan kesembilan mobil Jeep ini sudah menjadi tonggak sejarah dalam evolusi industri di segmen SUV.

  • Legenda Jeep dimulai dengan Willys-Overland MA / MB (1941-1945). Pada tahun 1940, perang dunia berkecamuk di Eropa, pemerintah AS pun mengeluarkan permintaan untuk sebuah ‘light reconnaissance vehicle’ untuk Angkatan Darat AS dan mengundang 135 produsen untuk bekerjasama. Kontrak dimenangkan oleh perusahaan desain "MA" pada tahun 1941. Mobil belum diproduksi massal, dan hanya menjadi kendaraan berdasarkan kebutuhan sebuah kendaraan tempur yang dapat bergerak cepat, ringan, dan dapat digunakan di segala medan.
  • Pada tahun 1945-1949, Jeep mengenalkan produksi pertama berjuluk Jeep CJ-2A (Civilian Jeep/Jeep Sipil). Dan pada tahun yang sama, Jeep menemukan inspirasi untuk menciptakan (Sport Utility Vehicle) SUV pertama yaitu Willys Wagon mulai tahun 1946-1965. Mobil ini menawarkan kendaraan multifungsi, fungsionalitas, fleksibilitas dengan teknologi penggerak roda 4x4.
  • Pada tahun 1955, Jeep CJ-5 diluncurkan sampai produksinya dihentikan pada tahun 1983. Kendaraan ini mengalami ubaha pada mesin, as roda, transmisi dan kenyamanan seperti tempat duduknya didesain untuk membuatnya pengendara lebih nyaman.
  • Di sela-sela itu Jeep Wagoneer diluncurkan (1963-1983). Perusahaan bangga bisa menciptakan SUV premium dan produksi pertama menyuguhkan transmisi otomatis dengan sistem four-wheel-drive.
  • Pada tahun 1974, model Cherokee pertama (SJ 1.974-1983) diproduksi. Kendaraan offroad dua pintu ini mengandalkan platform Jeep Wagoneer. Pada dasaranya Cherokee ditujukan untuk menarik anak muda dan menjawa permintaan konsumen yang terus berkembang soal otomotif. Jeep ini bisa dikatakan sebuah evolusi besar Jeep.
  • Generasi kedua Jeep diluncurkan pada tahun 1984. Jeep mengenalkan revolusi baru Jeep untuk konsumen dengan menyodorkan compact-SUV.
  • Inovasi lain dilakukan Jeep adalah mengenalkan model Jeep Grand Cherokee pada tahun 1992. Kendaraan ini menerapkan standar baru di segmen SUV premium. Mobil ini adalah SUV pertama yang dilengkapi dengan kantong udara untuk pengemudi sebagai fitur standar serta menawarkan tiga sistem four-wheel-drive yang berbeda. Jeep Grand Cherokee mendefinisikan sebagai SUV stylish. Jeep Grand Cherokee tersedia dalam empat generasi yaitu diluncurkan pada tahun 1999, 2005 dan 2010.
  • Pada tahun 2013, Jeep meluncurkan generasi baru dari Jeep Cherokee. SUV ini memiliki fitur transmisi otomatis 9-speed.
  • Satu tahun kemudian dikenalkan Jeep Renegade untuk memperkuat pasar otomotif Jeep di segmen compact-SUV. Jeep Renegade bisa dibilang era baru Jeep dalam menyediakan kendaraan tangguh namun dengan harga terjangkau. [Ikh/Idr]


Komentar