Jangan Sembarang Beli Lampu LED Headlamp Mobil Share this
Tips
Mode baca

Jangan Sembarang Beli Lampu LED Headlamp Mobil

Helmi  Reinaldi
pada 02 September 2019

Foto: Tips Memilih Lampu Headlamp Mobil

JAKARTA – Lampu depan mobil bisa dikatakan memiliki peran vital. Tugas utamanya sebagai penerangan saat berkendara, serta tanda isyarat bagi pengguna jalan lainnya.

Saat ini, perkembangan penggunaan headlamp pada mobil terbagi menjadi tiga, yaitu lampu model Halogen, HID (High Intensity Discharge) dan LED (Light-Emitting Diode).

“Lampu jenis LED diklaim menjadi lampu yang memiliki banyak keunggulan seperti hemat energi dan ramah lingkungan. Selain itu, LED headlamp dikemas dengan usia panjang, tahan guncangan, waktu respon cepat dan menghasilkan pencahayaan serta sinar yang baik,” buka Lily Hernawan, Direktur Sampurna Part Niaga (SPN), distributor lampu Autovision di Indonesia. 

Berbagai pilihan lampu jenis LED tersedia di pasaran, namun tidak semua memenuhi standar untuk untuk kebutuhan headlamp. Berikut ini tips memilih dan mengaplikasi lampu jenis LED untuk mobil kesayangan Anda.

“Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan jika ingin aplikasi lampu LED. Salah satunya adalah sejarah dari brand lampu LED tersebut. Alasannya, berkaitan dengan garansi serta pelayanan aftersales service yang diberikan,” jelas Wihong Jackson, pemilik workshop Hogiori sekaligus dealer authorized Autovision yang berlokasi di Jl. Moh Toha, Ruko R6 No.3. Villa Grand Tomang 1, Sangiang. Tangerang.

Lebih lanjut, Jack sapaan akrab owner Hogiori menambahkan bahwa pemilihan lampu LED tidak hanya pada harga yang terjangkau. Namun, faktor kualitas produk, kesuaian dengan peraturan tentang lampu dan tentunya pemasangan dilakukan oleh workshop yang memiliki reputasi baik.

Selain berbagai langkah di atas, hal penting lain yang harus diperhatikan adala cara pemasangaan. Meskipun aplikasi lampu LED plug and play, namun pemasangan haruslah benar agar cahaya yang dipendarkan dapat fokus dan berfungsi dengan maksimal dalam menerangi jalan saat berkendara.

Saat instalasi, Jack menyarankan terlebih dahulu membaca manual book atau petunjuk pemasangan dengan seksama agar tidak terjadi kesalahan pemasangan. Kemudian, pastikan kabel dari LED tidak berdekatan dengan sumber panas.

Menariknya, setelah LED headlamp terpasang, workshop Hogiori melakukan pengaturan headlamp menggunakan Autovision Headlamp Aimer. Fungsi alat ini agar lampu headlamp mendapatkan pencahayaan yang maksimal dan lebih fokus.

“Untuk konsumen wilayah Tangerang, jika mengaplikasi lampu LED Autovision pada mobil kesayangan, kami berikan lifetime warranty untuk setingan headlamp jika pendaran lampu terjadi perubahan ketika digunakan. Tujuannya agar menunjang kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara,” ujar Jack.

Selain itu, Hogiori juga mematok harga Rp 100 ribu bagi konsumen yang ingin melakukan setting lampu headlamp agar arah dari pendaran cahaya lampu mobil lebih maksimal.

Workshop Hogiori menyuguhkan berbagai lampu keluaran Autovision. Mulai dari jenis Halogen, HID dan LED. Konsumen juga bisa berkonsultasi langsung seputar lampu kendaraan baik eksterior maupun interior mobil kesayangan. [Hlm/Idr]


Komentar