Jajal Performa Ban Aspira Premio Sportivo untuk Yamaha Nmax Share this
Review Motor
Mode baca

Jajal Performa Ban Aspira Premio Sportivo untuk Yamaha Nmax

Denny Basudewa
pada 06 Desember 2017

Foto: Jajal Performa Ban Aspira Premio Sportivo untuk Yamaha Nmax

JAKARTA – Ban Aspira Premio Sportivo dari PT Astra Otoparts (AOP) menemani aktivitas touring dari Journalist Max Community (JMC) pada 1-3 Desember 2017 menuju Lembang, Bandung, Jawa barat.

PT Astra Otoparts dikatakan bekerjasama dengan produsen ban asal Italia yakni Pirelli untuk menciptakan Aspira Premio. SI karet bundar ini disebut-sebut sebagai ban motor lokal yang memiliki keunggulan, seperti pattern berbeda baik depan maupun belakang.

Pattern yang berbeda antara ban depan dan belakang memiliki fungsi berbeda. Pada bagian depan alurnya memanjang dari tengah hingga samping. Hal ini berguna untuk penyebaran air yang maksimal, kontak area lebih luas sehingga membuat keausan ban lebih merata.

Sementara pada bagian belakang, ban memiliki area slick lebih besar. Hal tersebut diyakini berfungsi untuk menyalurkan tenaga mesin lebih efisien dan memberikan daya cengkeram lebih saat menikung.

Ban Aspira Premio Sportivo untuk Yamaha Nmax menggunakan pattern rotasi terbalik. Hal ini diklaim lagi-lagi sebagai kemampuan tambahan pada daya cengkram lebih baik, terutama pada saat menikung, mengerem dan optimal dalam penyebaran air.

“Kontur jalan menuju Bandung, Jawa Barat bisa dibilang cukup menantang, seperti ada jalan berpasir, aspal halus, aspal kasar, beton hingga panas terik matahari. Perjalanan ini menunjukkan kualitas ban Aspira Premio dan Pirelli Angel Scooter sekaligus membuktikan keawetan serta grip ban,” terang Ifan Martin selaku Head Tire & Tube Departement Domestic Marketing Division – Astra Otoparts.

Ban Aspira Premio Ban Aspira Premio Sportivo untuk Yamaha Nmax

JMC yang mengawali perjalanan touring dari Jakarta melalui Bekasi – Cikampek – Purwakarta – Lembang memang dihadapkan dengan berbagai macam kontur jalanan. Bahkan kami melintasi jalur basah dan berpasir yang sangat licin.

Ban depan Aspira Premio Sportivo dikatakan memiliki bentuk seperti huruf V. Perbedaan ini tentunya membutuhkan adaptasi, karena feeling pengendaraan tidak seperti ban pada umumnya. Bagi yang belum terbiasa, maka kemungkinan motor melebar saat sedang menikung sangat mungkin terjadi.

Kami sempat mengalami hal tersebut pada saat menghadapi tikungan tajam. Ban jenis ini memang di desain untuk lebih percaya diri ketika memasuki tikungan. Namun dengan catatan pengendalian motor matik harus dikuasai lebih dahulu.

Pattern yang tidak menembus tepian ban kerap dianggap sebagai ban yang tidak diperuntukkan bagi medan basah. Namun hal ini tidak sepenuhnya benar, karena ban depan berkontur V hanya menggunakan sedikit bagian dari tapak ban terhadap jalan.

Lebih jauh ban Aspira Premio menggunakan profil multi-arc sehingga sudut kemiringan ban lebih besar daripada ban pada umumnya. Untuk harga, Astra Otoparts memasarkan Aspira Premio Sportivo dengan harga Rp 340 ribu (depan) dan Rp 440 (belakang). [Dew/Ikh]


Komentar