Jaguar XKSS Kembali Diproduksi Sebanyak 9 Unit di Dunia Share this
Mobil Baru
Mode baca

Jaguar XKSS Kembali Diproduksi Sebanyak 9 Unit di Dunia

Denny Basudewa
pada 18 November 2016

Foto: Sang Legenda Jaguar XKSS

LOS ANGELES – Jaguar merealisasikan janjinya untuk kembali “membangkitkan” model XKSS di Los Angeles Auto Show 2016.

Jaguar kembali membangun mobil sports klasik yang beken di ajang Le Mans pada tahun 50-an. Tidak hanya satu, produsen mobil asal Inggris ini berencana membuat sembilan unit Jaguar XKSS dengan spesifikasi yang serupa dengan model produksi 1957 silam.

Jaguar XKSS yang dibuat pada 1950, adalah mobil berperforma versi jalanan yang terinspirasi dari D-Type guna merajai arena balapan.

Menurut rencana pada 1957, 25 unit Jaguar XKSS akan diproduksi saat itu dan sembilan unit Jaguar XKSS untuk dialokasikan ke pasar Amerika Serikat, namun mereka tidak bisa memenuhi pesanan tersebut karena kebakaran hebat melanda pabrik Jaguar. Dari 25 unit, hanya 16 unit yang berhasil diproduksi Jaguar.

Kini setelah hampir enam dekade sejak kejadian tersebut, Jaguar siap untuk kembali memproduksi sembilan mobil bersejarah tersebut. Menurut pengakuan Jaguar, setiap unitnya XKSS akan menelan biaya produksi lebih dari 1 juta poundsterling atau sekitar Rp 16 miliar. Dengan harga setinggi itu, artinya mobil ini menyasar kolektor mobil klasik berkocek tebal.

Jaguar XKSS akan menjadi sangat spesial karena body-nya terbuat dari magnesium nan eksotis. Adapun bahan logam tersebut sering dianggap sebagian orang mudah terbakar. Namun pihak Jaguar mengklaim bahwa magnesium yang digunakan berupa potongan kecil seperti serpihan. Sehingga body mobil tidak mudah terbakar.

Tidak hanya body, lingkar roda Jaguar XKSS juga menggunakan bahan magnesium yang dibungkus dengan ban Dunlop. Dari segi keamanan, mobil ini menggunakan perangkat pengereman dari Dunlop dengan Plessey pump.

Dari balik kap mesin, Jaguar XKSS menggunakan mesin 3.4-liter, enam-silinder segaris yang diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimal 262 hp. Meskipun mesin ini menggunakan bahan-bahan yang baru, namun aura klasik masih tertanam berkat karburator Weber DC03.

Nuansa klasik namun elegan terhampar di dalam kabin Jaguar XKSS. Identitas klasik terlihat dari penggunaan bahan kayu di bagian alat kemudi. Seluruh material kabin dibuat sangat teliti sehingga mencirikan kekhasannya.

“The XKSS adalah salah satu dari mobil paling penting dari sejarah Jaguar. Kami berkomitmen untuk membuat mobil ini semirip mungkin dengan versi aslinya puluhan tahun silam. Bahkan beberapa barang yang digunakan sama dengan aslinya,” ujar Key Riches, Jaguar Classic Engineering Manager. [Dew/Ikh]

Lebih lanjut di Otospirit
Jaguar XKSS Kembali Diproduksi Sebanyak 9 Unit di Dunia


Komentar