Jaguar I-Pace Cetak Lima Bintang dari Tes Euro NCAP Share this
Mobil Baru
Mode baca

Jaguar I-Pace Cetak Lima Bintang dari Tes Euro NCAP

Ary Dwinoviansyah
pada 07 Desember 2018

LEUVEN - Mobil listrik, Jaguar I-Pace berhasil mencetak lima bintang usai melakoni serangkaian pengujian dari Euro NCAP.

Kerja keras sang produsen, Jaguar-Land Rover dalam menggarap Jaguar I-Pace terbayar setelah SUV tersebut mendapatkan lima bintang dari Euro NCAP. Pencapaian tersebut diperoleh berdasarkan penilaian terhadap tiga faktor utama saat uji tabrakan.

Pertama adalah perlindungan terhadap penumpang dewasa di mana SUV listrik tersebut meraih persentase 91 %. Sementara untuk perlindungan terhadap penumpang anak-anak 81 % dan sistem bantuan keselamatan sebesar 81%.

Hal itu tak lepas dari pengaplikasian bodi aluminiumnya yang ringan, namun kuat. Ini juga berdampak terhadap perlindungan terhadap baterai Jaguar I-Pace. Pihak Jaguar-Land Rover mengklaim penggunaan bahan aluminium tempa tersebut berdampak positf pada area kritis kecelakaan.

Selain itu, nilai sempurna diberikan lantaran SUV ke-10 dari Jaguar-Land Rover ini punya teknologi Autonomous Emergency Braking yang bermanfaat bagi pengguna jalan lain seperti pejalan kaki atau pesepeda. Selanjutnya, ada pula sistem bernama Audible Vehicle Alert System (AVAS).

Perangkat tersebut bekerja memberi peringatan kepada pengguna jalan lain ketika Jaguar I-Pace mendekat. Suaranya akan terdengar saat kendaraan dalam kecepatan 20 km/jam. Keluaran suaranya pun sudah disesuaikan dengan regulasi minimum Eropa yakni 56 dB. Pengujian terhadap bantuan ini sudah dilakukan terhadap anjing penuntun orang buta di Inggris.

Satu yang tak kalah penting lagi, Jaguar I-Pace sudah disemati sistem bantuan untuk pengendara. Mulai dari Adaptive Cruise Control with Steering Assist, Blind Spot Assist hingga 360° Parking Aid. [Ary/Ari]


Komentar