Jaguar Classic Restorasi XK120 Demi Seorang Model Ganteng Share this
Berita Mobil
Mode baca

Jaguar Classic Restorasi XK120 Demi Seorang Model Ganteng

Denny Basudewa
pada 23 Mei 2019

Foto: Jaguar XK120

WARWICKSHIRE – Jaguar Classic merestorasi mobil unik buatan 1954 yang ditujukan untuk David Gandy.

Gandy sendiri merupakan seorang pria asal Inggris yang berprofesi sebagai model sukses. Beragam prestasi di bidang modeling telah diraih pria kelahiran 19 Februari 1980 ini. Atas dasar hal itulah, Jaguar berkolaborasi dengan sang model untuk melahirkan kembali kendaraan bersejarah tersebut.

Proyek ini memakan waktu selama 11 bulan dan melibatkan tim Jaguar Classic yang telah memiliki pengalaman merestorasi kendaraan. Bertempat di Classic Works facility, tim ini membutuhkan 2.700 jam untuk menyelesaikan XK120. Mobil ini pun ditampilkan di Jaguar Classic Challenge 15-18 Mei 2019.

“Mengendarai Jaguar XK120 di Mille Miglia pada 2013 dan 2014 silam, saya langsung menyadari bahwa ingin sekali memiliki unit spesial ini. Tim Jaguar Classic telah melakukan pekerjaan yang luar biasa untuk kendaraan spesial ini,” ucap David Gandy.

Tim Jaguar Classic dikatakan mendapatkan bahan untuk direstorasi di California, Amerika Serikat. Lalu mereka bekerja keras untuk membuat Jaguar XK120 kembali prima seperti pada masa dahulu kala.

Bagian mesin dikatakan merupakan hal tersulit ketika melakukan restorasi. Mesin enam-silinder yang digunakan Jaguar XK120 dikerjakan hingga memakan waktu lima setengah bulan lamanya. Hasilnya jantung mekanis ini mampu menghasilkan daya maksimal 225 hp dari orisinilnya hanya 180 hp.

Karena akan digunakan pada kegiatan balap, mobil ini mendapat beberapa sentuhan terutama pada bagian keamanan. Tim Jaguar Classic melengkapi kendaraan dengan perangkat rem cakram empat kaliper.

Sistem peredam kejut yang kerap disebut suspensi juga mendapat sentuhan khusus. Suspensi mobil ini dapat diatur sesuai selera pengendara dan tim Jaguar Classic mengatur suspensi yang pas untuk mengikuti ajang balap Mille Miglia. [Dew/Idr]


Komentar